nusabali

Mayjen Muhammad Zamroni Resmi Jabat Pangdam IX/Udayana

  • www.nusabali.com-mayjen-muhammad-zamroni-resmi-jabat-pangdam-ixudayana

DENPASAR, NusaBali - Jabatan Pangdam IX/Udayana dari Mayjen TNI Bambang Trisnohadi resmi digantikan oleh Mayjen TNI Muhammad Zamroni. Mayjen Bambang menyerahkan tongkat komando kepada Mayjen Zamroni dalam upacara serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin Kepala Staf Angkat Darah (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Selasa (20/8).

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana yang baru akan mengikuti berbagai tradisi di TNI Angkatan Darat. Jenderal bintang dua di pundak yang merupakan lulusan Akmil 1990 ini sudah tiba di Bali pada, Rabu (21/8) dan digelar acara pisah sambut di Markas Kodam IX/Udayana, Jalan Udayana Nomor 1 Denpasar pada Jumat (23/8). 

Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan rotasi jabatan di lingkungan TNI merupakan kebutuhan organisasi yang dinamis dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis. Hal ini juga untuk penyegaran organisasi sesuai dengan kebutuhan. "Selaku Kasad maupun pribadi, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan TNI Angkatan Darat. Saya tekankan agar para pimpinan dapat memahami kebutuhan prajurit baik untuk kebutuhan latihan, penugasan operasi dan peningkatan kesejahteraan prajurit, serta membantu masyarakat," ujar Kasad dalam upacara Sertijab kepada sejumlah pejabat yang mendapat promosi jabatan baru. 

Foto: Upacara penyambutan Pangdam IX/Udayana yang baru Mayjen TNI Muhammad Zamroni di Base OPS Bandara Ngurah Rai, Rabu (21/8). -IST

Kasad berharap para pejabat baru mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam memajukan satuan dan peningkatan profesionalitas personel yang mengawaki satuannya maupun membantu berbagai kesulitan masyarakat melalui kegiatan teritorial. Dikatakan TNI harus hadir di tengah kesulitan rakyat. "Terima kasih atas pengabdian di masing-masing jabatan, mudah-mudahan di tempat yang baru bisa membuat hal-hal yang baik bagi anggota dan memajukan TNI Angkatan Darat," harap Jenderal Maruli.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana dalam keterangan persnya, Selasa (20/8) malam mengatakan Mayjen Bambang diganti setelah menjabat sejak Maret 2024. Kini jenderal lulusan terbaik Akmil 1993 itu melaksanakan tugas sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III yang bermarkas di Timika, Papua. Sementara Mayjen TNI Muhammad Zamroni, lanjut Kapendam, merupakan lulusan Akmil 1990. 

Sebelum ditugaskan sebagai Pangdam IX/Udayana jenderal bintang dua di pundak ini menjabat sebagai Komandan Pusat kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) di Bandung, Jawa Barat. "Setelah Sertijab di Mabesad, bapak Pangdam datang ke Bali. Acara pisah sambut di Kodam IX/Udayana digelar Jumat," beber Kapendam. 7 pol

Komentar