nusabali

Truk Makirig, 1 Pick Up dan 3 Motor Ringsek

  • www.nusabali.com-truk-makirig-1-pick-up-dan-3-motor-ringsek

Sopir truk menyanggupi mengganti semua kerugian yang ditimbulkan.

GIANYAR, NusaBali
Truk muatan kayu makirig atau ngatret akibat tidak kuat melewati tanjakan di Banjar Purnadesa, Desa Siangan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Kamis (22/8).  Pantat truk menabrak 4 kendaraan secara beruntun di belakangnya. Masing-masing pick up DK 8390 AW, Honda PCX DK 4010 KBS, Honda Kharisma DK 2966 OT, dan Honda Vario DK 3736 LC. Ketiga motor ini ditabrak di garase Griya Pasraman Manuaba. Ketiga motor ini ringsek. 

Tidak ada korban jiwa dari kecelakaan ini. Pemilik ketiga motor, Ida Bagus Dananjaya, dan pengemudi pick up mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 07.00 Wita. Berawal saat kendaraan truk dengan nomor polisi P 9983 UQ yang dikemudikan Yudi bergerak dari selatan ke utara dengan muatan kayu balok. Setiba di TKP dengan medan tanjakan dan tikungan, truk kehilangan kendali. Pengemudi tidak bisa menguasai laju kendaraannya. Truk bergerak mundur dan menabrak pick up yang melaju di belakangnya. Selanjutnya truk menabrak tiga unit sepeda motor yang parkir di garase barat jalan.

Setelah menabrak 1 pick up dan tiga sepeda motor, truk terguling dan terjatuh dengan posisi bagian kiri truk berada di bawah menimpa pick up dan tiga motor. Kecelakaan ini dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Wayan Sutara, Babinsa Desa Siangan, dan Unit Laka Polsek Gianyar. Kapolsek Gianyar, Kompol I Nyoman Sukadana saat dikonfirmasi mengatakan anggota sudah melakukan pengamanan arus lalu lintas. “Material muatan truk dpindahkan agar bisa dievakuasi dan tidak mengganggu arus lalin,” jelas Kompol Sukadana. 

Menurut keterangan sopir truk, Yudi asal Jember, saat melaju membawa kayu balok sudah berhasil naik beberapa meter di tanjakan. Saat di tanjakan menikung, dia bermaksud menghindari pengendara sepeda motor yang hampir menyerempetnya. Yudi yang terkejut lantas mengehentikan laju truk. Tiba-tiba truk mundur tak terkendali dan menghantam pick up yang dikemudikan I Wayan Pari asal Tabanan. Setelah itu, truk dan materialnya menimpa garase griya hingga menyebabkan tiga unit sepeda motor ringsek. “Pas naik di tanjakan, tiba-tiba ada sepeda motor, lalu saya rem, truk oleng ke belakang,” ujar Yudi.

Pick up mengalami kerusakan parah di bagian depan kiri dan bagian kaki-kaki karena tergencet badan truk. Tiga sepeda motor kondisinya hampir tidak bisa dikenali. Sopir pick up, I Wayan Pari mengatakan saat itu datang dari Tabanan dengan tujuan mengambil muatan material. Saat di tanjakan menuju Desa Suwat, jaraknya sudah sangat jauh dengan truk. Posisi truk sebelum kejadian sudah tidak terlihat karena sudah masuk tikungan. Namun saat menanjak, tiba-tiba truk di depannya mundur dengan kondisi oleng. Dia berusaha memundurkan pick up-nya. Namun dalam hitungan detik, bagian belakang truk sudah menghantamnya. “Saya selamat, tapi mobil saya rusak di bagian depan,” ujarnya. 

Pasca kejadian, sopir truk, soir pick up, dan pemilik tiga sepeda motor dan garase, Ida Bagus Dananjaya, melakukan mediasi di griya. Mediasi berjalan cair. Sopir truk menyanggupi mengganti semua kerugian yang ditimbulkan. “Kami selesaikan secara kekeluargaan, kemanusiaan dan tidak saling menyakiti. Kendaraan yang rusak akan diganti dengan kendaraan. Intinya kami permudah, yang bisa diperbaiki, diperbaiki, yang tidak bisa diperbaiki, diganti, dan sopir telah menyanggupi,” ujar Ida Bagus Dananjaya. 7 nvi

Komentar