nusabali

Ada yang Sodorkan Anies Maju Pilkada Lewat PDIP, Hasto Sebut PDIP Terbuka

  • www.nusabali.com-ada-yang-sodorkan-anies-maju-pilkada-lewat-pdip-hasto-sebut-pdip-terbuka

Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung desakan dari berbagai pihak untuk mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. Megawati Soekarnoputri bicara soal Anies Baswedan yang disebut-sebut bakal diusung partainya sebagai calon gubernur Jakarta di Pilgub Jakarta 2024. Namun, Megawati merasa cara dengan mendorong-dorong partainya mendukung Anies tidaklah pas. Apalagi, sampai ada massa yang mendatangi kantor DPP PDIP sambil membawa spanduk meminta Megawati mengusung Anies.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto pun, angkat bicara dan menjelaskan perihal pernyataan Megawati tersebut. Dia mengatakan, bahwa partainya sangat terbuka terhadap pihak-pihak yang ingin menyampaikan aspirasi dukungan terhadap sosok kepala daerah, termasuk Anies Baswedan.

Sebab, dia mengatakan, bahwa PDIP sangat terbuka dan akan menerima dengan baik aspirasi tersebut. Hal itu disampaikan Hasto saat ditanya perihal peryataan Megawati dalam pidatonya di acara pengumuman calon kepala daerah dari PDIP gelombang kedua, yang menyinggung nama Anies Baswedan. “Ya tadi kan sebenarnya ketika mau masuk, Ibu melihat ada yang menyampaikan aspirasi dengan spanduk. Padahal, sebenarnya datang saja disampaikan baik-baik,” kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8).

Politisi asal Jogjakarta ini juga menambahkan, Megawati telah menyampaikan jika sosok yang ingin mendapatkan dukungan dari PDIP, ada sejumlah ‘syarat’ telah disiapkan oleh partai. Visi-misi calon kepala daerah akan dipersiapkan oleh partai, politik tata ruang harus diperhatikan, upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, keberpihakan pada wong cilik, ketaatan terhadap ideologi serta berpegang pada platform partai. “Sekiranya syarat-syarat itu nanti bisa dipenuhi, tentu terbuka suatu ruang untuk bekerja sama,” imbuh Hasto. 

Hasto juga mengatakan, bahwa pernyataan Megawati tersebut tidak ada kaitannya dengan ketidaksukaan secara personal, termasuk kepada Anies Baswedan. “Ya Ibu Mega kan tadi mengatakan, saya gak pernah membully orang, saya tidak pernah menyatakan ketidaksukaan pada orang. Yang dilakukan oleh Ibu Mega adalah menjaga nilai-nilai demokrasi, etika, moral, kekuatan, akar rumput, itu yang didengar oleh Ibu Mega,” ungkap Hasto.

Doktor Ilmu Pertahanan ini juga memberikan sinyal bahwa PDIP tidak menutup ruang bagi Anies Baswedan untuk diusung di Pilgub Jakarta. “Ya selama tadi komitmen terhadap ideologi, keberpihakan pada wong cilik, platform partai, itu dipegang dan bersedia untuk juga memenuhi komitmen, termasuk bagaimana partai menyiapkan visi misi, khususnya tentang politik tata ruang, kemudian bagaimana pelestarian sungai-sungai, tata ruang di Jakarta diatur dengan baik, tentu terbuka,” jelas Hasto.

Lebih lanjut, Hasto juga mengatakan bahwa PDIP telah membangun komunikasi dengan Anies. Bahkan, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah ditugaskan oleh DPP PDIP untuk menjalin komunikasi dengan Anies. “Ada (komunikasi), bahkan Pak Basarah juga sudah bertemu dengan Pak Anies Baswedan,” ungkap Hasto.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung desakan dari berbagai pihak untuk mendukung Anies Baswedan di  Pilkada Jakarta 2024. Megawati mengaku, heran dengan adanya sekelompok orang yang menamakan diri sebagai ‘Satgas Hitam’, dengan mendatangi Kantor DPP PDIP, untuk mendukung Anies Baswedan. “Eh enak aja ya ngapain gua suruh dukung Pak Anies. Dia bener nih kalau mau sama PDIP? Kalau mau sama PDIP jangan gitu dong. Mau gak nurut?” ucap Megawati.

Megawati menilai, tidak semudah itu mendapat dukungan dari PDIP. Dia lantas mempertanyakan ke mana saja selama ini, baru muncul ketika butuh dukungan. “Enak amat ya. Sekarang kita dicari dukungannya lalu kamu ke mana kemarin sore. Mbok jangan gitu dong,” kata Megawati.K22

Komentar