nusabali

Dewa Jack Jadi Ketua DPRD Bali

  • www.nusabali.com-dewa-jack-jadi-ketua-dprd-bali

DENPASAR, NusaBali - Rekomendasi nama-nama Ketua DPRD mulai DPRD Provinsi dan kabupaten/kota periode 2024-2029 se-Bali juga sudah turun dari DPP PDIP. 

Penyerahannya dilakukan secara serentak di Kantor DPD PDIP Provinsi Bali oleh Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster. 

Untuk Ketua DPRD Provinsi Bali PDIP menunjuk Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack. Bendahara DPD PDIP Bali ini akan menduduki kursi Ketua DPRD Bali menggantikan Nyoman Adi Wiryatama (Ketua DPRD Bali periode 2019-2024) yang di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 terpilih sebagai anggota DPR RI Dapil Bali dari PDIP. Anggota DPRD Bali periode 2024-2029 sendiri akan dilantik pada 2 September 2024 mendatang.

“Rekomendasi Ketua DPRD se-Bali sudah turun, untuk Ketua DPRD Bali Dewa Made Mahayadnya (Dewa Jack),” ujar Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster di sela jumpa pers pengumuman dan penyerahan rekomendasi Pilkada se-Bali di kantor DPD PDIP Bali Jalan Banteng Baru Nomor 4 Niti Mandala Denpasar Jumat (23/8). 

Dewa Jack sejak awal memang difavoritkan menggantikan posisi Adi Wiryatama sebagai Ketua DPRD Bali periode 2024-2029. Bahkan Adi Wiryatama sendiri sebelumnya mengatakan bahwa politisi asal Desa/Kecamatan Banjar, Buleleng yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Bali  memiliki peluang besar untuk menggantikan dirinya. PDIP sendiri berhak duduki kursi Ketua DPRD Bali karena didasarkan pada dominasi suara yang berhasil diraih dalam Pemilu 2024. Dari total 55 kursi di DPRD Bali, PDI Perjuangan berhasil memperoleh 32 kursi atau sekitar 58 persen.

"Dewa Jack adalah sosok yang saya lihat sangat potensial untuk menjadi Ketua DPRD Bali berikutnya. Dengan pengalaman dan dedikasinya, saya yakin dia bisa melanjutkan kepemimpinan yang baik di DPRD Bali," ujar Adi Wiryatama, beberapa waktu lalu. 

Selain Dewa Jack yang direkomendasi untuk Ketua DPRD Bali, rekomendasi serupa juga sudah turun untuk ketua DPRD di 9 kabupaten/kota di Bali. 

Untuk Ketua DPRD Kota Denpasar masih diduduki incumbent I Gusti Ngurah Gede yang juga Ketua DPC PDIP Denpasar. Selanjutnya Ketua DPRD Badung periode 2024-2029 dituntuk I Gusti Anom Gumanti menggantikan I Putu Parwata. Ketua DPRD Tabanan diduduki I Nyoman Arnawa menggantikan posisi sebelumnya yang diisi I Made Dirga. Dirga sendiri maju sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tabanan di Pilkada Tabanan 2024 mendampingi Cabup I Komang Gede Sanjaya. Sementara untuk Ketua DPRD Jembrana tetap dijabat Made Sri Sutharmi, Ketua DPRD Buleleng Ketut Ngurah Arya menggantikan Gede Supriatna yang maju sebagai Cawabup di Pilkada Buleleng mendampingi Cabup I Nyoman Sutjidra. Ketua DPRD Karangasem ditunjuk Wayan Swastika (incumbent), selanjutnya Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika (incumbent), dan Ketua DPRD Klungkung AA Gede Anom (incumbent). Sedangkan Ketua DPRD Gianyar ditunjuk I Ketut Sudarsana menggantikan I Wayan Tagel Winarta (periode 2019-2024). 7 nat

Komentar