nusabali

Basarnas Bali Gelar Latihan SAR di Pantai Kelan

  • www.nusabali.com-basarnas-bali-gelar-latihan-sar-di-pantai-kelan

MANGUPURA, NusaBali - Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menggelar Latihan SAR Satuan di Pantai Kelan, Kecamatan Kuta, Badung.

Kegiatan itu diikuti oleh 22 orang peserta dari tenaga SAR, di antaranya pranata pencarian dan pertolongan, petugas komunikasi, petugas medis, humas serta potensi SAR dari Bhuana Bali Rescue.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar I Nyoman Sidakarya, megatakan pelatihan pada hari pertama, Rabu (21/8) diawali dengan pembukaan dan materi kelas, dengan narasumber dari Balawista. Dilanjutkan pada hari kedua Kamis (22/8) yakni praktik langsung di Pantai Kelan. Kemudian hari terakhir Jumat (2/8) yakni latihan SAR Satuan. Pada hari terakhir disimulasikan penanganan kecelakaan kapal, sebuah jukung terhantam ombak dan mengakibatkan 4 POB terombang ambing di lautan Pantai Kelan. Dengan menggunakan 2 unit rubber boat, tim SAR gabungan melakukan penyisiran untuk bisa menemukan korban.

“Simulasi dimulai sejak pagi dan selama berlangsungnya kegiatan tidak ditemukan kendala. Seluruh korban dapat dievakuasi dan mendapatkan penanganan medis, di antaranya penanganan hipotermia dan cedera kepala ringan. Salah satu korban mengalami hilang kesadaran,” kata Sidakarya.

Sidakarya menegaskan pentingnya latihan secara berkala, khususnya bagi pranata pencarian dan pertolongan (rescuer). Dia menilai, salah satu upaya dalam memanfaatkan sumber daya manusia terutama petugas pencarian dan pertolongan adalah melalui latihan SAR. Di samping itu untuk mendekatkan kesiapsiagaan pelayanan SAR secara komprehensif.

“Latihan SAR Satuan di permukaan air bertujuan untuk memberikan refresh pengetahuan, sehingga nantinya akan semakin siap dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan secara tepat dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP),” tegas Sidakarya. 7 ol3

Komentar