nusabali

Kelurahan Peguyangan Rembug Stunting, Gelar Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan Balita

  • www.nusabali.com-kelurahan-peguyangan-rembug-stunting-gelar-pelatihan-pembuatan-makanan-tambahan-balita

DENPASAR, NusaBali - Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara menggelar kegiatan bertajuk Rembug Stunting di Kantor Kelurahan setempat, Kamis (22/8).

Kegiatan rembug ini berisi pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan (PMT) berbahan lokal untuk balita dan ibu hamil.

Kegiatan ini dibuka Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Peguyangan, Ny Dian Ekawati Arcana dan akan berlangsung dari Kamis (22/8) hingga Jumat (23/8) kemarin.

Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana saat dihubungi mengatakan kegiatan ini dibuat agar para Kader Posyandu, Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK), dan Kepala Lingkungan (Kaling) dapat memahami langkah-langkah yang perlu diambil ketika menemukan balita berisiko stunting di wilayah mereka masing-masing. 

Kata dia, dari hasil dari rembug stunting ini nantinya akan diusulkan dan dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kelurahan. Ini mencakup kegiatan atau pengadaan yang diperlukan dalam penanggulangan stunting. Setelah acara Rembug Stunting selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan (PMT) berbahan lokal untuk balita dan ibu hamil. “Pelatihan ini difasilitasi Puskesmas Denpasar Utara III yang menyediakan materi, bahan, dan alat-alat pendukung. Praktek pembuatan PMT tersebut dilaksanakan di Balai Banjar Prajasari, Kelurahan Peguyangan Jumat (23/8),” ujar Sudi Arcana.

Sudi Arcana juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kader dari seluruh Banjar di Kelurahan Peguyangan. Ia menekankan pentingnya penerapan ilmu yang didapat selama pelatihan dalam setiap kegiatan posyandu di lingkungan masing-masing. “Dari pelatihan pembuatan PMT ini, kami berharap para kader posyandu di setiap lingkungan memiliki pengetahuan tambahan terkait pembuatan PMT sehat bagi balita dan ibu hamil,” ujar Sudi Arcana.mis

Komentar