nusabali

Komet Arnawa Jabat Ketua DPRD Tabanan

  • www.nusabali.com-komet-arnawa-jabat-ketua-dprd-tabanan

TABANAN, NusaBali - Selain memberikan rekomendasi untuk Paket Sanjaya-Dirga, DPP PDIP juga memberikan rekomendasi kepada I Nyoman Arnawa alias Komet sebagai Ketua DPRD Tabanan. Dia menerima rekomendasi Ketua DPRD Tabanan di Kantor DPD PDIP Perjuangan pada Jumat (23/8).

Arnawa ditunjuk karena struktural di internal partai dia sebagai Ketua Fraksi PDIP Kabupaten Tabanan. Atas rekomendasi yang didapat, Arnawa siap menjalankan mandat tersebut. Dia berterimakasih kepada DPP telah memberikan rekomendasi menjadi Ketua DPRD Tabanan. "Sangat siap sekali menjalankan tugas," tegasnya. 

Dia menyebutkan, rekomendasi tersebut secara formal diterimanya pada siang ini di Sekretariat DPD PDIP Bali. “Tadi sekitar pukul 12.00 Wita,” imbuhnya.

Ditambahkan, rekomendasi itu akan dia serahkan ke DPC dan DPRD Tabanan untuk diproses lebih lanjut. “Nanti DPC yang memroses. Sekalian juga ke DPRD Tabanan,” katanya.

Sedangkan untuk posisi ketua fraksi PDIP, Arnawa menyebutkan bahwa sampai sejauh ini belum ada penetapan di internal partainya. “Belum dibahas dalam rapat DPC,” ujarnya. 

Namun, bila bicara mengenai peluang, ada dua kader legislatif di DPRD Tabanan yang berpotensi sebagai calon. Arnawa menyebutkan, bila mengacu pada garis struktural partai, posisi itu bisa mengarah kepada AA Nyoman Dharma Putra yang di struktural partai sebagai bendahara DPC. Sedangkan bila mengacu pada prestasi, posisi tersebut bisa mengarah kepada I Putu Eka Putra Nurcahyadi yang mendapatkan perolehan suara tertinggi dalam Pemilu 2024.

“Kalau bicara peluang ada dua orang. Kalau bicara struktural ada Gung Baron (AA Nyoman Dharma Putra. Kalau bicara kader yang bagus dengan suara terbanyak ada Putu Eka (Putu Eka Putra Nurcahyadi,” sebutnya.

Namun, dia menegaskan bahwa penetapan calon ketua fraksi PDIP di DPRD Tabanan sampai saat ini belum diputuskan. “Saya menunggu rapat pembahasannya di DPC. Yang jelas perlu koordinasi dulu untuk urusan itu (ketua fraksi PDIP),” tegasnya. 

Setelah mendapat rekomendasi, Arnawa menggantikan I Made Dirga sebagai Ketua DPRD Tabanan yang posisi Made Dirga direkomendasikan menjadi bakal wakil bupati Tabanan dari PDIP. 

Arnawa adalah politisi asal Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Tabanan.  Dia lolos ke kursi legislatif dengan raihan suara 9.009 di Pileg 2024. Arnawa lolos ke kursi dewan dari Dapil III (Kecamatan Penebel-Baturiti). 

PDIP berhak atas jatah jabatan Ketua DPRD Tabanan, karena keluar sebagai jawara dalam Pileg 2024. Berdasarkan hasil Pileg 2024, PDIP mendominasi 31 kursi dari total 40 kursi DPRD Tabanan atau kuasai 77,45 persen suara parlemen. Sedangkan Golkar menguasai 4 kursi, Gerindra 4 kursi, dan Demokrat 1 kursi.7 des

Komentar