nusabali

Koalisi Besar Keroyok ‘AMAN’

Mahayastra: Makin Banyak Parpol Makin Bagus

  • www.nusabali.com-koalisi-besar-keroyok-aman

Pasangan Anak Agung Kakarsana–Wayan Tagel Arjana diusung Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PSI, PAN, PBB, Garuda, Gelora, dan Prima.

GIANYAR, NusaBali
Pertarungan kandidat di Pilkada Gianyar, 27 November 2024 mendatang, makin seru. Sebanyak 9 partai politik secara resmi membentuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dengan target mengeroyok paket Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Gianyar yang diusung PDIP, Made Mahayastra–Anak Agung Gde Mayun (paket AMAN). KIM Plus yang akan mengusung pasangan Anak Agung Kakarsana–Wayan Tagel Arjana sejak awal telah merancang head to head di Pilkada Gianyar.  

Ketua DPC Gerindra yang juga Cawabup Gianyar dari KIM Plus, Tagel Arjana menyebutkan parpol yang sudah dipastikan bakal mengusung Kakarsana–Tagel adalah Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PSI, PAN, PBB, Garuda, Gelora, dan Prima. 

“Yang sudah resmi dan tercetak di baliho sembilan parpol. Tetapi Partai Buruh dan NasDem juga gabung. Kita pastikan Pilkada Gianyar head to head,” ujar Tagel Arjana, Sabtu (24/8) malam.

Tagel Arjana menyebutkan, pasangan Kakarsana–Tagel Arjana yang mengusung tagline ‘Pemimpin Baru Gianyar Maju’ koalisi besar dalam KIM Plus sangat solid untuk memenangkan duel dengan Paket ‘AMAN’ yang diusung PDIP dan Perindo. “Rekomendasi sudah beres semua dari parpol KIM Plus,” tegas mantan anggota DPRD Bali Dapil Gianyar dua periode, ini. 

KIM Plus yang akan mengusung Kakarsana–Tagel Arjana sudah deklarasi dukungan di Kantor DPD II Golkar Gianyar, Sabtu (24/8). Dukungan dari partai politik ini ditandai dengan penandatanganan deklarasi. Sebelumnya didahului dengan pernyataan dukungan dan siap memenangkan Paket Kakarsana–Tagel saat Pilkada 27 November 2024.

Sekretaris DPC Gerindra yang juga anggota Tim Pemenangan KIM Plus, Ketut Astawa Suyasa meyakinkan bahwa KIM Plus masih solid. “Secara prinsip KIM Plus masih solid, rekomendasi resmi yang sudah diterima dari Gerindra, NasDem, dan PSI. Sedangkan Golkar dan Demokrat sedang berproses di Jakarta,” ucap Astawa Suyasa. 

Dijelaskan Astawa Suyasa, pasangan Kakarsana–Tagel akan mendaftar ke KPU Gianyar pada Rabu, 28 Agustus 2024 mendatang. Saat ini, persiapan sudah dilakukan di Posko Pemenangan, Puri Blahbatuh, Kecamatan Balahbatuh, Gianyar. Ketika ditanya berapa massa yang akan diturunkan dan format pendaftaran, Astawa Suyasa tidak menyebutkan rinciannya. “Yang jelas saat ini persiapan pendaftaran sudah dimatangkan. Seperti apa nanti format pendaftaran, nanti akan ada kejutan. Pokoknya keren,” ujar Astawa Suyasa.

Menghadapi head to head yang dirancang kubu lawan, Ketua DPC PDIP Gianyar sekaligus Cabup Gianyar Made Mahayastra tidak menunjukkan nada risau. Bahkan, politisi senior PDIP yang meniti karier dari bawah ini menegaskan dalam proses demokrasi, makin banyak parpol terlibat makin bagus. “Baguslah, makin banyak parpol terlibat dalam proses pilkada makin bagus. Calon pemimpin yang dilahirkan akan berkualitas dengan proses yang alot,” ujar Mahayastra. 

Kata Mahayastra, duel di pilkada menghadapi banyak parpol sudah hal biasa bagi PDIP. PDIP di Gianyar saat ini berkoalisi dengan Perindo dengan akumulasi kekuatan suara melebih 70 persen. “Kalau diakumulasi modal suara hasil Pemilu 2024 sudah lebih dari 70 persen. Saya yakin mesin koalisi kita jalan dan solid,” tegas politisi asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar, ini.

Mahayastra menyebutkan, mesin PDIP Gianyar saat ini sangat solid dan sudah siap show of force saat pendaftaran di KPU pada 29 Agustus mendatang. “Kami punya mesin sampai tingkat anak ranting (banjar). Nanti saat pendaftaran berbagai elemen dan komunitas masyarakat juga akan datang memberikan dukungan dengan parade kesenian. Lihat saja nanti saat pendaftaran, bisa Anda (wartawan) cek sendiri,” tandas Mahayastra. 7 nat, nvi   

Komentar