nusabali

Paul Tiongik dan Aurelia Kiptu Juara Maybank Marathon 2024 di Gianyar

  • www.nusabali.com-paul-tiongik-dan-aurelia-kiptu-juara-maybank-marathon-2024-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali.com – Pelari Kenya mendominasi Maybank Marathon 2024 yang dilangsungkan di Bali pada Minggu (25/8/2024) pagi.  Pada kategori Marathon Open Male dimenangkan oleh Paul Tiongik dari Kenya dengan catatan waktu 02:18:25, sementara Aurelia Kiptui, juga dari Kenya, memenangkan kategori Marathon Open Female dengan waktu 02:36:59. Kedua juara ini masing-masing menerima hadiah sebesar Rp250 juta.

Paul Tiongik yang baru melakukan debut di Maybank Marathon  2024 mengaku medan yang dilalui kali ini sangat menantang. “Secara umum, event di sini sangat bagus. Beautiful. Tapi medan yang dilalui juga tidak mudah, cukup sulit,” ujar Paul Tiongik merendah. 

Untuk kategori Marathon National Male, La Ode Safrudin dari Indonesia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 02:31:16, dan Isania Tarigan dari Indonesia menjadi juara kategori Marathon National Female dengan waktu 03:14:40. Keduanya masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp100 juta.

“Untuk mengikuti Maybank Marathon 2024 saya melakukan persiapan selama enam bulan,” ungkap Isania Tarigan.  Atle nasional asal Jawa Barat ini juga menyebut tantangan yang dihadapi pada ajang yang digelar di Bali adalah jalan yang menanjak. “Tapi di balik jalan yang menanjak, ada jalan menurun juga,” ujarnya.

Sementara La Ode Safrudin mengaku senang dengan keberhasilannya menjadi juara. Dibanding Isania, persiapannya relatif lebih singkat. “Saya hanya mempersiapkan diri selama tiga bulan,” ujarnya.

Lebih dari 12.700 pelari dari 57 negara ambil bagian dalam Maybank Marathon 2024, satu-satunya Elite Label Road Race di Indonesia. Ajang bergengsi ini sukses digelar dengan aman dan lancar, dimulai dari garis start di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar.

Acara dimulai dengan flag-off pertama untuk kategori Marathon yang melepas sebanyak 3.500 peserta pada pukul 04.30 WITA. Kategori Half Marathon, yang diikuti oleh 6.200 peserta, dimulai pada pukul 05.30 WITA, dan kategori 10K dengan 3.000 peserta menyusul pada pukul 06.00 WITA. Selain itu, 100 peserta kategori Wheelchair dan Children Sprint juga turut serta dalam lomba yang dimulai pukul 06.10 WITA.

Rangkaian acara ditutup dengan pengumuman pemenang di podium, menandai berakhirnya Maybank Marathon 2024 yang sering disebut sebagai ‘lebaran’ para pelari. Sebanyak 83 pemenang berhasil membawa pulang hadiah uang tunai dengan total lebih dari Rp2,4 miliar.

Para peserta half marathon male bersiap berlari di ajang Maybank Marathon 2024. -WINDU SWASTIKA

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mengapresiasi antusiasme ribuan peserta yang sejak dini hari telah bersiap untuk berlari. Steffano menekankan bahwa kesuksesan penyelenggaraan Maybank Marathon bukan hanya diukur dari jumlah peserta, tetapi juga dari keamanan dan kenyamanan selama lomba berlangsung.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Maybank Marathon 2024, mulai dari peserta, tim pengamanan, medis, pecalang, hingga warga Gianyar yang ikut menyemangati pelari sepanjang rute,” ujar Steffano.


Komentar