nusabali

IDI Denpasar: Tantangan Profesi Dokter Semakin Besar

  • www.nusabali.com-idi-denpasar-tantangan-profesi-dokter-semakin-besar

DENPASAR, NusaBali - Musyawarah IDI Cabang Denpasar kembali menetapkan dr I Ketut Widiyasa, MPh, MH, FISQua sebagai Ketua IDI Cabang Denpasar masa bakti 2024–2027. 

Ini adalah untuk kali kedua dr I Ketut Widiyasa terpilih sebagai sebagai Ketua IDI Cabang Denpasar. Dia berharap IDI Denpasar dapat memberikan manfaat maksimal kepada anggota, seperti mendukung pemenuhan SKP ilmiah, pengabdian masyarakat, profesionalisme, dan pembelaan anggota. 

“Juga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan kesehatan melalui sumber daya dokter anggota IDI yang berkualitas, berlandaskan etika profesi,” ujarnya saat pengukuhan kepengurusan IDI Cabang Denpasar masa bakti 2024–2027, di RSUD Bali Mandara, Denpasar, Sabtu (24/8).

Dia juga berharap kepada para anggota untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan optimal. Profesi dokter diharapkan ikut membangun sistem pelayanan kesehatan di Indonesia yang lebih maju, walau tantangan terhadap eksistensi profesi akan terus berdatangan di masa depan. 

Menurut dr Widi tantangan bisa datang dari dalam terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kedokteran. 

Di sisi lain, saat ini dokter di Indonesia menjadi profesi yang sangat diharapkan berperan sangat besar dalam menghadapi masalah kesehatan yang semakin kompleks. 

“Sedangkan tantangan dari luar saat ini adalah tuntutan globalisasi berupa mekanisme pasar bebas yang telah masuk dalam area jasa pelayanan kesehatan. Kondisi itu menjadi tantangan dalam era industrialisasi pelayanan kesehatan dan kesehatan global,” ujarnya. 

Pelantikan pengurus IDI Cabang Denpasar dihadiri Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar Sagung Antari, Ketua IDI Bali, Ketua IDI kabupaten/kota se-Bali, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, direktur-direktur rumah sakit dan klinik di Denpasar, para dekan fakultas kedokteran, para ketua perhimpunan dokter, juga para stakeholder dan mitra IDI Cabang Denpasar baik di pemerintahan maupun pihak non-pemerintah. 

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan kursi roda dari IDI Cabang Denpasar kepada Ketua K3S Denpasar. Juga penyerahan penghargaan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar, Dinas Sosial Kota Denpasar, BPBD Kota Denpasar, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Bali, Ketua Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan Dinas Kesehatan Kota Denpasar. 7 a 

Komentar