nusabali

Rekomendasi Koster-GP Tuai Beragam Respon

  • www.nusabali.com-rekomendasi-koster-gp-tuai-beragam-respon

BANGLI, NusaBali - DPP PDIP telah memberikan rekomendasi kepada pasangan Wayan Koster - Nyoman Giri Prasta (GP) sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali pada Pilkada Bali, 27 November 2024. Rekomendasi ini menuai beragam tanggapan baik dari internal PDIP dan masyarakat.

Salah satu kader PDIP Bangli I Nengah Sumiarta mengatakan pascaturunnya rekomendasi tersebut, di bawah tidak sedikit masyarakat merasa kecewa. Karena besar harapan mereka kepada Giri Prsata untuk mendapatkan rekomenndasi sebagai calon Gubernur Bali. Dikatakan, sosok Giri Prasta dikenal sebagai peminpin yang merakyat dan bares. “Bisa dibilang masyarakt banyak lesu darah dengan turunnya rekomendasi tersebut,” ungkapnya, Minggu (25/8).

Sumiarta mengaku, takut jika nanti kekecewaan tersebut diluapkan saat pemungutan suara. Yang mana bisa saja  masyarakat tidak menggunakan hak pilih (golput) atau beralih ke calon lain. Namun demikian sebagai kader banteng, dirinya  tentu akan tunduk dan patuh dengan instruksi partai atau siap mengamankan rekomendasi partai.

"Perlu kerja ekstra keras di struktur partai untuk bisa mengamankan rekomendasi tersebut,” ujarnya. 

Salah seorang warga, Putu Ari Arga, dari Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli, juga mengutarakan hal serupa. Menurutnya, banyak masyarakat merasa kecewa dengan rekomendasi yang menempatkan Giri Prasta sebagai Wakil Gubernur Bali. 

Di mata masyarakat politisi asal Kecamatan Petang, Badung itu dianggap lebih tepat sebagai calon peminpin Bali. Karena kepribadian Giri Prasta di mata masyarakat adalah peminpin yang merakyat dan bisa memperjuangkan aspirasai masyarakat Bali.

"Sebagai bupati Badung, beliaunya tidak hanya fokus mengarap daerah kelahiranya saja, namun lebih pada melakukan pemertaan dengan  bantuan yang disalurkan ke kabupaten lainnya, dan bantuan yang dikucurkan sangat dirasakan masyarakat,” sebutnya.

Dia berkeyakinan bentuk rasa kekecewaan dari masyarakat akan disalurkan dengan cara tidak menggunakan hak pilih. "Kemungkinan masyarakat akan golput saat pilgub, cukup tinggi. Kalau beralih ke calon lain, saya rasa kecil peluangnya," sambug Putu Arga.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, mengatakan bersyukur dan berterimakasih kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri atas mandat yang diberikan kepada pasangan Wayan Koster - Giri Prasta sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali. 

"Menurut kami, pasangan ini sangat solid sekali. DPC PDIP Bangli siap mengamankan dan memenangkan paket tersebut,” jelas Sedana Arta.7esa

Komentar