nusabali

Buleleng jadi Pusat Peringatan HUT Pramuka Kwarda Bali

  • www.nusabali.com-buleleng-jadi-pusat-peringatan-hut-pramuka-kwarda-bali

SINGARAJA, NusaBali - Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Bali memusatkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-63 di Kabupaten Buleleng yang berlokasi di ujung utara Pulau Dewata.

"Sebelumnya agenda puncak hari ini, panitia telah melaksanakan sejumlah agenda kegiatan dalam rangka HUT Pramuka ke-63 tahun 2024 ini di antaranya ziarah, tabur bunga di TMP Curasatana, lomba-lomba, ulang janji anggota, jalan santai, dan kegiatan lainnya," kata Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Bali I Made Rentin di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Minggu (25/8). 

Salah satu program menarik serangkaian HUT Pramuka di Bali adalah kegiatan bedah rumah masyarakat miskin ekstrem dua kepala keluarga di Desa Kubutambahan dan pemberian bantuan sosial kepada lansia dan disabilitas. "Semua itu adalah wujud kepedulian dari anggota (Pramuka se-Provinsi Bali) dan juga masyarakat dalam program Bumbung Kemanusiaan Pramuka Peduli," ungkapnya. 

Dirinya juga mengapresiasi Kwartir Cabang (Kwarkab) Buleleng akan keaktifan dan konsistensi dalam berkegiatan dalam bidang pembangunan sumber daya manusia, pembangunan karakter bangsa dan kepedulian terhadap sesama, tidak hanya saat ini menjadi tuan rumah HUT Pramuka ke-63 Tahun 2024, tetapi berkelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. 

"HUT Pramuka ke-63 Tahun 2024 ini dengan tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI kita maknai bersatunya seluruh Pramuka di Bali dan Buleleng kita tunjuk atas kesepakatan dan kepercayaan akan keaktifan dan konsisten dalam berkegiatan," ucapnya. 

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng Gede Suyasa menyampaikan terimakasih menunjuk Buleleng sebagai tuan rumah serta ucapan selamat kepada Kwarda Bali yang telah melaksanakan peringatan HUT Pramuka dengan sukses dan lancar. 

Suyasa yang juga Sekda Buleleng itu menyampaikan sesuai amanat undang-undang Gerakan Pramuka (GP) bertujuan membentuk karakter Pramuka yang beriman, bertakwa, patriotik, berakhlak mulia, jujur, disiplin, membangun menjaga NKRI, peduli sesama dan lingkungan, serta memiliki kecakapan hidup. "Sebagai media edukasi nonformal, Pramuka diharapkan sebagai pembentuk karakter anak bangsa," ucapnya. 

Selain itu, pihaknya selalu berkomitmen untuk berkolaborasi mewujudkan visi gerakan Pramuka dalam membentuk karakter bangsa, kepekaan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan selalu hadir di semua lini kehidupan. 

Untuk diketahui, agenda pada puncak peringatan Hari Pramuka di Gedung Kesenian yaitu penyematan tanda penghargaan tingkat nasional dan daerah, penyerahan hadiah Lomba Bali Scout Creativity V, Lomba Menggambar Siaga Putra, Lomba Menggambar Siaga Putri.

Selain itu, Lomba Video Kanyita Penggalang, Lomba E-Sports Mobile Legend Bang bang, Lomba Video Reportase Penegak dan Pandega, Lomba Artikel Pembina Pramuka, Lomba LKBB Tongkat Pramuka Penggalang, Lomba PBB Kreasi Penegak dan Pandega. 7 ant

Komentar