nusabali

Bupati Sedana Arta Buka Bimtek PKK

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-arta-buka-bimtek-pkk

BANGLI, NusaBali - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka Bimbingan Teknis (bimtek) Strategi Gerakan PKK dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Bangli, Senin (26/8). Bimtek dilaksanakan di Gedung Bukti Mukti Bakti, Kantor Bupati Bangli.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan hibah kepada kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK masing-masing sebesar 5 Juta rupiah.  Pelaksanaan bimtek 10 program pokok PKK dan kegiatan tim penggerak PKK Kabupaten Bangli tahun 2024 mengacu pada pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. 

Bimtek bertujuan untuk memotivasi serta menambah wawasan dan pengetahuan dalam menggerakkan keluarga guna terwujudnya visi gerakan PKK yaitu keluarga yang sehat, cerdas dan berdaya, beriman, dan bertakwa menuju Indonesia maju dan mandiri.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta menjelaskan terkait visi dan misi Gerakan PKK yang terstruktur dari pusat sampai ke daerah. Selain itu program unggulan PKK yakni pola asuh anak dan remaja di era digital (Paaredi), gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pengelolaan ekonomi (Gelari Pelangi), gerakan amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur, indah dan nyaman (Aku hatinya) PKK mendukung penanggulangan covid-19 dan penurunan angka stunting, gerakan keluarga PKK tanggap & tangguh bencana (Keluarga PKK Gagah Bencana).


Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga merupakan gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat, yang tumbuh dari bawah dengan perempuan sebagai motor penggeraknya. Gerakan PKK sebagai bentuk partisipasi masyarakat telah cukup lama berkiprah dalam mengisi pembangunan sebagai mitra Pemerintah. Tim Penggerak PKK sudah tidak diragukan lagi perannya dalam mendukung Pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. 

"Melalui kesempatan ini, kami mengimbau kepada seluruh pengurus dan kader TP. PKK yang ada di Kabupaten Bangli untuk terus bergerak mengentaskan  masalah  perempuan dan anak serta merumuskan program sebagai implementasi 10 program pokok PKK. Teruslah bergerak untuk mengentaskan masalah yang cukup krusial ini," ungkapnya.

Jelasnya, Pemkab Bangli mendukung penuh program TP PKK Kabupaten Bangli, salah satunya melalui APBD setiap tahun. Pihaknya berharap agar semua bekerja  dan memberikan  manfaat bagi kemajuan Kabupaten Bangli. "Kami mendorong TP PKK Kabupaten Bangli untuk peka terhadap isu-isu dan permasalahan terkait yang ada di Kabupaten Bangli," ujarnya. @7esa

Komentar