nusabali

Jay Idzes Bangga Jadi Pemain Indonesia Pertama di Serie A

  • www.nusabali.com-jay-idzes-bangga-jadi-pemain-indonesia-pertama-di-serie-a

JAKARTA, NusaBali - Bek Timnas Indonesia Jay Idzes (24 tahun) mengaku bangga mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di Serie A Liga Italia. Ya, Jay Idzes tampil dalam laga debut saat timnya Venezia menahan tuan rumah Fiorentina 0-0, di Artemio Franchi Stadium, Florence, Minggu (25/8) malam.

"Senang dengan poin pertama musim ini. Masih banyak poin lain yang akan datang," tulis Jay Idzes di akun Instagrammua, Senin (26/8).

Idzes tampil selama 68 menit saat Venezia menahan imbang Fiorentina tanpa gol. Dia menjadi pemimpin lini pertahanan Venezia dan bahkan hampir mencetak gol.

Sukses menjalani debut di Serie A juga membuat Jay Idzes mencetak sejarah sebagai pemain pertama asal Indonesia yang bermain di kasta tertinggi Liga Italia atau Serie A.

"Saya juga bangga menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Serie A!" tulis Idzes.

Penampilan Jay Idzes pun mendapat pujian. Media Italia, Tutto Venezia Sport, memberi 6,5 poin untuk Jay Idzes. Itu nilai kedua terbaik untuk performa seluruh pemain Venezia. Penilaian tertinggi jatuh kepada kiper, Jesse Joronen dengan 7,5.

Pelatih Venecia Eusebio Di Fransisco juga memuji penampilan Jau Idzes. Di kondisi lapangan yang sulit, kata Di Francisco, timnya menampilkan permainan yang bagus khususnya di sektor pertahanan, selalu fokus dan presisi.

Pada laga tersebut, Eusebio menurunkan tiga bek tengah sejak menit pertama. Selain Jay Idzes, yang mencatatkan debut di Serie A, ada pula Marin Sverko dan Giorgio Altare. Solidnya performa ketiganya di belakang membuat lini serang Fiorentina sulit menciptakan peluang.

Khusus Jay Idzes, Laman Whoscored mencatat satu tekel sukses, satu kali intersep, tiga kali halauan bola dan satu kali tembakan melebar ke gawang. Dari akurasi umpan, Jay Idzes jadi yang terbaik persentase 96,2 persen dari 52 operan. Atas pencapaian itu, Idzes mendapat nilai 6,95 (dari skala 10) oleh Whoscored. 

Sayang, kondisi Jay Idzes usai laga Fiorentina vs Venezia memunculkan kekhawatiran bagi suporter Indonesia. Idzes ditarik keluar karena mengalami cedera. Sedangkan Indonesia  menghadapi Arab Saudi (5 September) dan Australia (10 September) pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. *

Komentar