nusabali

Tanah Longsor Hancurkan Bale Gong dan Piyasan

  • www.nusabali.com-tanah-longsor-hancurkan-bale-gong-dan-piyasan

Evakuasi mengalami kendala karena sumber air untuk penyemprotan jaraknya cukup jauh dari TKP.

GIANYAR, NusaBali
Tanah longsor menghancurkan bale gong dan piyasan Pura Tirta Segening di Banjar Bona Kaja, Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Pengempon pura, Ngakan Made Putra mengatakan, tanah longsor terjadi pada Sabtu (24/8) sekitar pukul 18.30 Wita. 

Saat kejadian tidak ada aktivitas di pura. Kejadian diketahui oleh warga sekitar yang tinggal tak jauh dari pura. Tanah longsor juga merobohkan senderan dan tembok panyengker.

“Ada warga yang mengetahui dan menginformasikan sawah di atas pura longsor. Piyasan dan bale gong hancur semua," ungkap Ngakan Made Putra, Selasa (27/8) pagi. 

Saat kejadian hari sudah gelap, evakuasi baru bisa dilakukan keesokan harinya. TRC BPBD Kabupaten Gianyar membantu evakuasi. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 500 juta. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar IGN Dibya Presasta mengatakan, upaya penyemprotan material longsor dilakukan dari pagi hingga sore hari. Penyebab longsor diduga akibat tanah labil. "Luas yang terdampak sekitar 40 meter persegi. Ketinggian sekitar 10 meter dengan tebal 4 meter," jelas Dibya Presasta. 

Evakuasi mengalami kendala karena sumber air untuk penyemprotan jaraknya jauh. "Penanganan diperkirakan baru 50%. Sumber air kurang lebih 80 meter dari lokasi," jelas Dibya Presasta. 7 nvi

Komentar