nusabali

Nusa Penida Festival Digelar Oktober

  • www.nusabali.com-nusa-penida-festival-digelar-oktober

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Pariwisata Klungkung kembali menggelar event tahunan Nusa Penida Festival. Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati, mengatakan Nusa Penida Festival digelar pada tanggal 10-12 Oktober 2024.

Dimeriahkan dengan atraksi budaya, konservasi, lomba-lomba, musik, pameran kerajinan atau UMKM, dan lainnya.” Nusa Penida Festival ini sudah masuk dalam Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga sudah terjadwal," ujar Sulistiawati, beberapa waktu lalu.

Namun, karena berlangsung di tengah hajatan Pilkada Klungkung, Dinas Pariwisata Klungkung akan berkoordinasi dengan KPU Klungkung agar kedua kegiatan sama-sama dapat berjalan aman dan lancar. Festival maupun Pilkada memerlukan keamanan dan pelayanan publik. "Semuanya harus dikelola dengan baik agar kedua kegiatan tidak saling mengganggu," ujar Sulistiawati, Selasa (27/8).

Nusa Penida Festival sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Setelah pandemi Covid-19 melandai, event tahunan Nusa Penida Festival kembali dicanangkan Tahun 2022 dengan mengandalkan dana APBD. Namun karena kena refocusing anggaran, Nusa Penida Festival Tahun 2022 yang terbatas tersebut dialihkan untuk promosi pariwisata secara digital. 

Selanjutnya Dinas Pariwisata Klungkung menggelar Nusa Penida Festival Tahun 2023 dipusatkan di Pantai Batununggul. Tari Pendet Pasepan massal sebanyak 700 penari dari Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Nusa Penida meriahkan acara pembukaan diiringi dengan mulang pakelem. 7 wan

Komentar