nusabali

Sumiati Sundul Gus Bota di DPRD Bali

Kantongi 5.439 Suara, Tunggu SK DPP PDIP

  • www.nusabali.com-sumiati-sundul-gus-bota-di-dprd-bali

DENPASAR,NusaBali - Dipilihnya I Bagus Alit Sucipta (Gus Bota) sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Badung berpasangan dengan Cabup Wayan Adi Arnawa di Pilkada Badung 2024 menjadi durian runtuh bagi Caleg DPRD Bali Dapil Badung dari PDI Perjuangan (PDIP) Ni Made Sumiati.

Srikandi asal Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem yang maju sebagai Caleg DPRD Bali di Dapil Badung pada Pemilu 2024 ini otomatis akan menyundul Gus Bota sebagai caleg terpilih DPRD Bali yang akan dilantik pada 2 September mendatang.

Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster ditemui di Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Niti Mandala Denpasar, Rabu (28/8) mengatakan, pengganti Gus Bota sebagai caleg terpilih secara otomatis caleg peraih suara terbanyak di bawahnya. “Itu sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku, masih sedang proses (pengusulan, red),” ujar Koster. Sesuai dengan data yang dihimpun NusaBali dari hasil Pileg 2024, ada 6 kursi DPRD Bali Dapil Badung yang diperebutkan. 

PDIP meraih 4 dari 6 kursi yang tersedia. Kemudian Golkar dan Gerindra masing-masing merebut 1 kursi. Golkar meloloskan caleg new comer Agung Bagus Tri Candra Arka (21.746 suara). Sementara Gerindra meloloskan incumbent Wayan Disel Astawa dengan 22.086 suara. 

Nah, untuk di PDIP, Gus Bota menjadi jawara dengan meraih 117.625 suara. Kemudian berikutnya menyusul I Wayan Bawa dengan 32.414 suara, I Ketut Tama Tenaya dengan 17.785 suara, I Nyoman Laka dengan 15.432 suara. Sementara Ni Made Sumiati meraih 5.439 suara serta Ni Putu Cyntia Maseni meraih 3.828 suara. 

Sumiati menjadi caleg bernasib baik dengan mengantongi 5.439 suara berhasil lolos ke DPRD Bali periode 2024-2029 alias menikmati kursi dewan secara penuh. Sebab Gus Bota sendiri belum dilantik sebagai anggota DPRD Bali periode 2024-2029. Sumiati adalah kader senior PDIP yang sudah pengalaman di DPRD Bali. Dia pertama kali nyaleg DPRD Bali dapil Karangasem di Pileg 2009 dan berhasil lolos. Kemudian pada Pileg 2014 dia kembali tarung sebagai incumbent dan lagi-lagi lolos sebagai Anggota DPRD Bali Dapil Karangasem periode 2014-2019. 

Hanya saja Sumiati tidak lama menikmati kursi dewan saat itu, karena dicalonkan oleh PDIP sebagai Cawabup Karangasem di Pilkada 2015 berpasangan dengan Wayan Sudirta dengan julukan paket SMS (Sudirta-Made Sumiati). Pasangan ini dikalahkan IGA Mas Sumatri-Wayan Artha Dipa. 

Sumiati mengatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada DPP Partai dalam proses pergantian caleg terpilih. “Mohon doanya, saya menyerahkan sepenuhnya kepada DPP untuk proses SK,” ujar Sumiati di sela-sela persiapan pendaftaran kandidat Cagub-Cawagub Bali Wayan Koster-Nyoman Giri Prasta di Kantor DPD PDIP Bali, Rabu (28/8).

Sumiati yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Bali membidangi Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa akan berusaha maksimal mengawal aspirasi masyarakat di DPRD Bali. “Saya tidak banyak komentar dulu, tunggu saja SK DPP dulu dan pelantikan. Yang jelas siap kawal aspirasi rakyat Bali sesuai dengan Visi Misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dalam Haluan Pembangunan Bali Masa Depan 100 tahun menuju Bali era Baru 2025-2125,” ujar Sumiati. 7 nat

Komentar