nusabali

Tabanan Siap Bubarkan 89 Koperasi

  • www.nusabali.com-tabanan-siap-bubarkan-89-koperasi

TABANAN, NusaBali - 89 koperasi tidak aktif di Tabanan bersiap dibubarkan. Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabanan telah membentuk panitia penyelesaian pembubaran. Dari 89 koperasi tidak aktif ini terbanyak ada di Kecamatan Tabanan.

Rinciannya, di Kecamatan Kediri 21 koperasi, Kecamatan Baturiti 7 koperasi, Kecamatan Selemadeg  4 koperasi, Kecamatan Kerambitan 9 koperasi. Kecamatan Tabanan 26 koperasi atau jumlah terbanyak koperasi tidak aktif yang akan dibubarkan. Kecamatan Marga 9 koperasi, Kecamatan Selemadeg Barat 6 koperasi, Kecamatan Pupuan 1 koperasi, Kecamatan Penebel 5 koperasi, dan Kecamatan Selemadeg Timur 1 koperasi. 

Kepala Dinas Koperasi UKM, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabanan I Nyoman Putra menegaskan tim penyelesaian koperasi ini telah dibentuk. Tim ini akan menindaklanjuti terbitnya SK pembubaran dari Kementerian Koperasi dan UKM terhadap 89 koperasi yang tidak aktif. "SK dari tim penyelesai sedang diproses dibagian hukum," ujarnya Rabu (28/8). 

Disebutkan, jika SK keluar, maka tim segera membubarkan 89 koperasi tersebut. Diawali dengan rapat koordinasi kemudian mengumpulkan data sebagai acuan untuk pembubaran sesuai SK dari pusat. "Sekarang tinggal menunggu SK tim penyelesai, mudah-mudahan segera turun," harap Putra. 

Per 30 Juni 2024, koperasi di Kabupaten Tabanan mencapai 582 unit. Dari jumlah tersebut 158 koperasi berstatus tidak aktif dan 424 koperasi berstatus aktif dengan klasifikasi usaha terdiri dari 205 bergerak di bidang Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Ada 219 koperasi bergerak di sektor riil (koperasi jasa, koperasi konsumen, koperasi pemasaran, dan koperasi produsen).7des

Komentar