nusabali

Galatasaray Gagal Lolos UCL

  • www.nusabali.com-galatasaray-gagal-lolos-ucl

ISTANBUL, Nusabali - Juara Piala UEFA 2000 Galatasaray gagal lolos ke UEFA Champions Leagye (UCL) atau Liga Champions dua kali berturut-turut, usai dikalahkan klub Swiss Young Boys, di Istanbul, Turki, Rabu (28/8) dinihari Wita. Klub Turki itu kalah di kandang sendiri 0-1 atau agregat 4-2 pada leg kedua playoff.

Penyerang Young Boys Alan Virginius mencetak gol pada menit ke-87. Galatasaray semakin kesulitan karena harus bermain dengan 10 orang setelah Fernando Muslera dihukum kartu merah.

Juara Swiss itu juga mengalahkan Galatasaray 3-2 di kandangnya pekan lalu. Derkat dua gol Joel Monteiro di babak pertama dan penalti di menit-menit akhir yang dikonversi Filip Ugrinic . Kini , Young Boys melenggang ke fase penyisihan grup Liga Champions.

Sedangkan Galatasaray, pemenang Piala UEFA pada 2000, gagal lolos ke Liga Champions untuk kedua kalinya dalam tiga tahun. Selanjutnya Galatasaray harus turun ke Liga Europa musim ini.  

Selain Young Boys, Sparta Praha dan RB Salzburg juga lolos ke putaran final Liga Champions ini. Juara Liga Ceko, Sparta Praha lolos kompetisi klub elit Eropa untuk pertama kalinya sejak 2005. 

Mereka menggandakan keunggulan 2-0 atas klub Swedia Malmo. Lukás Haraslín membuka skor bagi pemimpin liga Ceko pada menit ke-80 dari titik penalti sebelum memberi umpan kepada Albion Rrahmani untuk gol kedua, tiga menit kemudian. 

Gelandang Timnas Slovakia itu mengira dirinya sudah membuat skor menjadi 1-0 pada menit ke-68, namun golnya dianulir karena offside. Baik Sparta maupun Malmo gagal mengeksekusi penalti pada babak pertama melalui gelandang Veljko Birmancevic dan Anders Christiansen. 

Sedangkan Salzburg memulai laga kedua dengan cepat melawan Dynamo Kiev Ukraina. Pemain sayap Adam Daghim  membawa tuan rumah unggul pada menit ke-12. Tim Ukraina menyamakan kedudukan sebelum setengah jam melalui tembakan mendatar Vladyslav Vanat ke tiang jauh. ESPN menyebutkan runner-up Bundesliga Austria ini lolos ke babak grup Liga Champions setiap tahun sejak musim 2019-20. ant

Komentar