nusabali

Muhammad Fadli Waspadai Pembalap Eropa

  • www.nusabali.com-muhammad-fadli-waspadai-pembalap-eropa

JAKARTA, NusaBali - Muhammad Fadli Imammuddin menjadi satu-satu atlet para-balap sepeda Indonesia di Paralimpiade 2024 Paris, Prancis. Fadli turun di nomor Individual Pursuit (IP) 4000 meter, Individual Time Trial (ITT) dan Individual Road Race (IRR). Dalam balapan nanti Fadli mewaspadai pembalap Eropa, karena memiliki endurance atau daya tahan sangat bagus.

"Kami belum bisa memetakan persaingan, karena starting list belum keluar. Namun pembalap dari negara-negara Eropa patut diantisipasi. Selain faktor tuan rumah, endurance-nya juga cukup bagus," papar pelatih para balap sepeda, Rizan Setyo Nugroho, Rabu (28/8).

Dalam Paralimpiade 2024, Fadli hanya dibebani target memecahkan waktu terbaik yang dicapainya pada Paralimpiade 2020 Tokyo. Fadli sendiri sudah di Paris sejak Rabu (21/8) untuk menjalani adaptasi dengan latihan rutin di kampung atlet dan venue lomba.

"Kondisi Fadli sangat baik, dari mulai kedatangan sampai menjelang perlombaan sangat excited karena ini merupakan event tertinggi kejuaraan dunia," kata Rizan Setyo. 

Soal cuaca di Paris, kata Rizan Setyo, tak ada masalah. Menurutnya, cuaca tidak ada kendala, karena kondisi di Solo dengan di Paris tidak jauh berbeda. Sebab sering berlatih di sekitar kaki Gunung Lawu, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, yang berhawa dingin dan sangat mendukung. Rentan suhu 12 derajat sampai 30 derajat masih bagus

Sementara itu, Fadli mengungkapkan antusiasmenya mengikuti Paralimpiade 2024. Peraih medali emas nomor ITT klasifikasi C4-5 pada Asian Para Games 2022 ini akan berupaya mengejar performa terbaik saat pertandingan.

"Insya Allah saya siap banget untuk menghadapi Paralimpiade kali ini  dan bisa maksimal," tegas Fadli. 

Fadli akan berupaya mendapatkan waktu yang lebih baik dibandingkan Paralimpiade 2020 lalu. Sesi latihan dijalani dalam intensitas tinggi, namun volumenya rendah.

Fadli mulai bertanding pada Sabtu (31/8). Cabang olahraga para balap sepeda akan diperlombakan di jalanan wilayah Clichy sous Bois serta Saint Quentin en Yvelines Velodrome, Montigny la Bretonneux. k22

Komentar