nusabali

Desa Kukuh Dicanangkan Jadi Desa Cantik BPS

  • www.nusabali.com-desa-kukuh-dicanangkan-jadi-desa-cantik-bps

TABANAN, NusaBali - Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, dicanangkan menjadi Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) oleh Badan Statistik Pusat (BPS). Program ini dilakukan bagian dari upaya menghasilkan data berkualitas untuk menuju pembangunan daerah.

Dengan pencanangan ini, Desa Kukuh akan dibina terutama dalam pengelolaan data sehingga program Desa Cantik dapat menyebar ke 133 desa di Tabanan. 

Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, menjadi fokus pembinaan karena telah memiliki sistem informasi desa yang kekinian.

Sekda Tabanan Gede Susila mengatakan program Desa Cantik ini sejalan dengan Asta Program Pemerintah Kabupaten Tabanan. Salah satunya, mewujudkan data Desa Presisi sesuai dengan peraturan Daerah Nomor : 12 Tahun 2022. 

“Kondisi di Desa saat ini, banyak mengelola aplikasi seperti Prodeskel, SIKS-NG, namun kualitas dan kapasitas sumber daya manusia pemerintah desa, dalam hal pengelolaan data Desa masih perlu ditingkatkan,” ujarnya Kamis (28/9), saat melaksanakan pencanangan Desa Cantik di Kantor Bupati Tabanan. 

Untuk itu, tegas Susila, sebagai bagian dari mendorong keberhasilan pelaksanaan program Desa Cantik, Susila mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tabanan berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabanan.

“Program Pembinaan Desa Cantik perlu dijaga dan dipastikan keberlanjutan pelaksanaannya dari tahun ke tahun agar cakupan pelaksanaannya dapat diperluas hingga ke seluruh desa di Kabupaten Tabanan sebagai upaya mendorong terwujudnya Satu Data Desa Indonesia (SDDI),” pintanya

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabanan Ni Putu Minarni menyebutkan, pencanangan Desa Cantik Kabupaten Tabanan tahun 2024 ini mengusung tema Desa cantik langkah awal kolaborasi menuju desa presisi. 

“Perlu pembinaan statistik tingkat desa untuk menghasilkan data yang berkualitas langsung dari sumbernya. Karena desa sebagai ujung tombak pembangunan, desa sekaligus ujung tombak pengumpulan data sektoral,” jelasnya. 7des

Komentar