nusabali

Kodim 1611/Badung dan QNET Tanam Mangrove di Pemogan untuk Pelestarian Lingkungan

  • www.nusabali.com-kodim-1611badung-dan-qnet-tanam-mangrove-di-pemogan-untuk-pelestarian-lingkungan

DENPASAR, NusaBali.com - Kodim 1611/Badung bekerja sama dengan perusahaan direct selling, QNET, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Denpasar menggelar kegiatan penanaman pohon mangrove di areal Hutan Mangrove Ngurah Rai, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan.

Kegiatan bertajuk "Pembinaan Lingkungan Hidup: Bersatu dengan Alam untuk Indonesia Hijau" ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta, dan berlangsung di Balai Kelompok Nelayan Batu Lumbang, Rabu (28/8/2024).

Penanaman pohon mangrove jenis Rhizophora mucronata ini dipimpin oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1611/Badung, Letkol Czi Aditya Triwirawan, yang mewakili Dandim 1611/Badung, Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut General Manager QNET Indonesia, Ganang Rindarko; Kepala Dusun Banjar Glogor Carik; dan Ketua LPMD Kota Denpasar. Kegiatan ini diawali dengan penanaman simbolis oleh perwakilan, dan dilanjutkan dengan penanaman serentak oleh para peserta di sepanjang aliran sungai menuju laut menggunakan kano.

Letkol Czi Aditya Triwirawan menyampaikan bahwa mangrove atau bakau memiliki peran penting sebagai habitat bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. Selain itu, mangrove juga memiliki nilai ekonomi dengan potensi kayu untuk bahan bangunan dan arang, serta buah atau biji yang dapat diolah menjadi makanan dan minuman. "Keberadaan hutan mangrove juga berpotensi besar dikembangkan menjadi wisata alam, seperti Taman Hutan Raya Ngurah Rai dan hutan mangrove di Desa Pemogan," ujar Letkol Aditya.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan mangrove untuk menjaga kelestarian lingkungan. "Mari kita satukan visi dan misi dalam menjaga kelestarian hutan bakau. Komitmen kita dalam menjaga hutan mangrove adalah kunci untuk menjaga kelestarian laut dan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

General Manager QNET Indonesia, Ganang Rindarko, menambahkan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan QNET dalam mendukung pelestarian lingkungan. 

"Sudah tiga tahun kami menanam dan merawat bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai bersama Kodim Badung Bali. Kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan dan siap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Bali dan Indonesia yang hijau," ujarnya.

Kegiatan ini menunjukkan sinergi antara sektor swasta, pemerintah, dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya hutan mangrove yang memiliki peran krusial dalam ekosistem pesisir.

Komentar