nusabali

Tertimpa Pohon, Pemotor Cedera Kepala Berat

  • www.nusabali.com-tertimpa-pohon-pemotor-cedera-kepala-berat

NEGARA, NusaBali - Peristiwa pohon tumbang dan menimpa pengendara motor terjadi di Jalan Umun Denpasar-Gilimanuk, Banjar Pasar, Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (1/9) siang. Akibat peristiwa tersebut, korban I Wayan Arsana,53, mengalami cidera kepala berat (CKB).

Dari informasi di lokasi, peristiwa pohon tumbang di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, tepatnya pada kilometer 80-81, itu terjadi pada sekitar pukul 13.30 Wita. Kejadian bermula saat korban asal Banjar Bumbungan, Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, sedang mengendarai motor dari arah timur ke barat atau dari arah Denpasar menuju Gilimanuk.

Begitu memasuki lokasi kejadian, sebuah pohon jenis mengkudu yang berada di sisi selatan jalan tiba-tiba tumbang ke jalan dan tepat menimpa korban. Korban yang saat kejadian tidak mengunakan helm dan diduga mengalami benturan keras pada bagian kepalanya seketika terkapar di jalan. Warga yang melihat kejadian itu pun langsung melarikan korban ke Puskemas I Mendoyo di Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo.

Kapolsek Mendoyo Kompol I Dewa Gede Artana saat dikonfirmasi Minggu kemarin, mengatakan korban diketahui mengalami CKB dan sejumlah luka lecet pada bagian kaki. Sementara motor jenis Hinda Vario nopol DK 2778 ZM juga mengalami kerusakan di bagian depan. "Karena mengalami luka kepala berat, dari puskemas merujuk korban ke Rumah Sakit Negara," ujar Dewa Artana. 

Foto: Korban I Wayan Arsana, saat dibawa ke Puskemas I Mendoyo, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (1/9)

Dari pengecekan jajaranya, Kompol Dewa Artana menyatakan bahwa perisitwa pohon tumbang itu terjadi karena kondisi pohon sudah lapuk. Pada saat kejadian itu, kondisi angin dinyatakan cukup kencang. Setelah kejadian, pohon yang sempat menutup setengah badan jalan itu langsung disingkirkan ke tepi jalan.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik dan Kendali Mutu RSUD Negara dr Gusti Ngurah Putu Adnyana, saat dikonfirmasi terpisah, Minggu kemarin, menyatakan bahwa korban mengalami luka cukup serius di bagian kepala. Begitu dibawa ke RSUD Negara, korban sudah langsung ditangani di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Dari pemeriksaan dokter di IGD RSUD Negara, korban yang mengalami CKB dan tidak kunjung sadarkan diri itu pun dinyatakan harus dirujuk dan dilakukan rujukan ke RSUP Prof dr IGNG Ngoerah, Denpasar. "Hari ini (kemarin, red) langsung dirujuk ke Rumah Sakit Prof Ngoerah. Kondisinya masih belum sadar," ucap dr Adnyana.7ode

Komentar