nusabali

Presiden Jokowi Perkenalkan Prabowo ke Peserta IAF

Saat Jamuan Santap Malam Delegasi IAF di Nusa Dua

  • www.nusabali.com-presiden-jokowi-perkenalkan-prabowo-ke-peserta-iaf

MANGUPURA, NusaBali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih yang akan meneruskan estafet kepemimpinan Indonesia kepada peserta Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 tahun 2024.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto,” ujar Presiden Jokowi ketika membuka jamuan santap malam Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 di Intercontinental Bali Resort, Nusa Dua, Badung, Minggu (1/9) malam. Jokowi mengumumkan kepada seluruh peserta Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 bahwasannya Prabowo akan dilantik pada Oktober 2024 untuk menjadi Presiden RI ke-8. “Dia akan dilantik bulan depan dan memimpin Indonesia ke depannya,” ucap Presiden Jokowi.

Jamuan makan malam tersebut dihadiri oleh jajaran kepala negara dan pimpinan delegasi dari negara peserta Indonesia-Africa Forum (IAF) dan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP). Selain itu, sejumlah pejabat RI juga terpantau menghadiri jamuan tersebut, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Republik Indonesia Suharso Monoarfa, hingga Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Untuk diketahui, HLF MSP 2024 mengusung tema ‘Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change’.

Terdapat sesi utama Joint Leaders Session Indonesia-Afrika (IAF) dan HLF MSP 2024 serta High-Level Plenary Session pada hari kedua. Selain sesi utama, forum ini juga akan menggelar 12 parallel events dan 17 side events yang berlangsung hingga 3 September 2024 di Bali.

Berbagai topik yang relevan dengan pembangunan berkelanjutan akan dibahas dalam forum tersebut, termasuk strategi untuk meningkatkan kerja sama lintas sektor dan negara dalam menghadapi tantangan global. HLF MSP 2024 di Bali diharapkan dapat menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan dialog kebijakan dan memperkuat komitmen global terhadap pembangunan berkelanjutan. Dengan kehadiran berbagai pemangku kepentingan dari seluruh dunia, Indonesia berharap dapat memainkan peran penting dalam mendorong perubahan transformasional yang lebih inklusif dan berkelanjutan di tingkat global.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 di Bali pada 1-3 September 2024 dihadiri lebih dari 1.400 peserta, dan dibuka Presiden Joko Widodo bersama Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) di BNDCC Kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Sejumlah anggota Polisi Militer mengawal kendaraan yang ditumpangi Presiden Rwanda Paul Kagame pada hari pertama Indonesia-Africa Forum (IAF) II di Nusa Dua, Minggu (1/9). –ANTARA 

"IAF ke-2 ini menurut catatan kami akan dihadiri oleh lebih dari 1.400 peserta, yang terdiri dari berbagai lembaga," kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika (ASPASAF) Abdul Kadir Jailani dalam konferensi pers yang diadakan di sela-sela rangkaian acara IAF ke-2, Minggu kemarin. Abdul Kadir mengatakan forum tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah Joint Leaders Session bersama dengan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan dihadiri oleh lebih dari 1.400 peserta yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan dan lembaga.

Pihak-pihak yang ia sebutkan akan hadir di forum itu adalah perwakilan dari pemerintah, kalangan swasta atau bisnis, dan akademisi serta konsul-konsul kehormatan Indonesia di beberapa negara di Afrika. "Seperti diketahui bahwa Indonesia tidak hanya memiliki kedutaan besar, tapi kita juga memiliki konsul-konsul kehormatan di beberapa negara Afrika," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa forum itu tidak saja dilakukan dalam bentuk pleno, tetapi juga leaders session, di mana Indonesia dapat melakukan pembicaraan langsung dengan para pemimpin dari beberapa negara Afrika yang hadir. "Ini adalah terobosan baru untuk menyelenggarakan dalam bentuk seperti ini," kata Abdul Kadir.

Selain itu, dalam forum tersebut juga akan diadakan business matching, diskusi panel serta side events, dengan salah satu side events yang telah diadakan adalah Forum Parlemen Indonesia-Afrika atau Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF). Selanjutnya secara khusus, para konsul kehormatan Indonesia di Afrika juga akan menggelar pertemuan khusus dalam upaya memperkokoh hubungan bilateral dengan negara-negara Afrika. 

Sementara Polri memastikan bahwa pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Afrika Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024 di Bali tidak akan mengganggu masyarakat. Kepala Posko Command Center 91 ITDC Ops Puri Agung II 2024 Brigjen Pol Arif Budiman dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan, tantangan dalam pengamanan yang paling diperhatikan oleh Polri adalah arus lalu lintas karena tamu undangan yang hadir dalam ajang internasional itu setingkat kepala negara.

“Saya kira kendala sudah kami minimalisasi. Untuk arus lalu lintas, karena tamu-tamu yang hadir setingkat kepala negara, kami berlakukan VVIP. Ada pengalihan arus dan sebagainya, tapi kami minimalisasi seminim mungkin agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat,” kata dia. Ia menambahkan, seluruh pengamanan yang diberlakukan akan dipantau melalui command center, sehingga apabila ditemukan kendala, maka dapat segera diatasi dari satu komando.

Diketahui, Polri menyiapkan 1.438 personel dari Satuan Lalu Lintas untuk mengawal pergerakan para tamu yang menghadiri dua acara internasional tersebut pada 1-3 September 2024. Dari ribuan personel itu, sebanyak 328 personel bertugas untuk pengamanan dan pengawalan (pamwal) tamu VVIP, VIP dan delegasi.

Untuk memastikan keamanan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau venue Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholder (HLF-MSP) 2024. Kapolri melakukan peninjauan bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan para pejabat tinggi Polri dan TNI lainnya, Sabtu (31/8). 

Adapun venue yang dicek, yaitu Hotel Intercontinental Jimbaran, Hotel Mulia Nusa Dua, dan Posko Posko 91 Command Center ITDC Nusa Dua. Pemeriksaan ini untuk memastikan kesiapan personel serta sarana dan prasarana. "Pengecekan venue ini dilakukan untuk memastikan pengamanan di ring 1, 2 dan 3 berjalan aman dan lancar. Pengecekan ini juga untuk memastikan rencana operasi sesuai dengan yang diskenariokan," ungkap Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan. 7 ol3, ant, pol, cr79

Komentar