nusabali

Kesdam Udayana Siagakan 47 Personel Kesehatan

  • www.nusabali.com-kesdam-udayana-siagakan-47-personel-kesehatan

MANGUPURA, NusaBali - Kesdam IX/Udayana sebagai unsur pendukung medis yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Afrika Forum (IAF) ke-2 dan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) siagakan 47 personel medis.

Puluhan personel itu ditugaskan untuk mendukung kesehatan, evakuasi medis, food aecurity (pemeriksaan makanan) dan kesehatan lingkungan bagi prajurit yang bertugas dalam Pamwil di Ring II dan Ring III.

Karumkit Tk II Udayana Kolonel Ckm (K) Ni Gusti Putu Mariyanti, MARS selaku Kepala Unsur Pendukung Medis Satgas Pamwil dalam keterangan persnya, pada Senin (2/9) mengatakan 47 personel medis ini dibagi dalam 6 tim yang ditempatkan di enam pos. Masing-masing pos disiagakan satu unit ambulans. 

“Unsur pendukung medis juga menyiapkan sarana dan prasarana yang digunakan, antara lain 2 unit mini ICU mobile, 7 unit ambulance yang dilengkapi dengan Kit dan obat-obatan, serta 4 unit sepeda motor," ujar Kolonel Ckm (K) Ni Gusti Putu Mariyanti.

Terkait dengan isu virus MPox (Monkeypox), Dokter Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) tersebut menyampaikan bahwa pihaknya juga telah mengantisipasi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teliti dari deteksi visual hingga pengukuran suhu tubuh terhadap persoenl.

“Pemeriksaan dilakukan mulai dari Bandara Ngurah Rai sudah disiapkan alat Thermo Gun (alat pendeteksi suhu tubuh) begitu juga di venue-venue. Apabila dalam pemeriksaan tersebut terjadi demam maka tidak diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan dan selanjutya diisolasi," tegas Kolonel Ckm (K) Ni Gusti Putu Mariyanti.

Dengan penuh harapan, pihaknya mengharapkan dukungan dari seluruh elemen agar kegiatan HLF-MSP dan IAF ke-2 ini dapat berjalan aman dan lancar serta semua personel yang terlibat dalam pengamanan ini tetap sehat sehingga dapat melaksanakan tugas pengamanan dengan baik. 7 pol

Komentar