nusabali

Damkar Denpasar Catat 192 Kejadian Kebakaran

Terdata 427 Ular Masuk Pemukiman

  • www.nusabali.com-damkar-denpasar-catat-192-kejadian-kebakaran

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Denpasar mencatat sebanyak 192 kejadian kebakaran sejak Januari hingga Agustus 2024. Selain itu, mereka juga menangani sebanyak 427 ular masuk pemukiman warga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar I Made Tirana, Rabu (3/9), mengatakan peristiwa kebakaran ini didominasi kebakaran lahan kosong, kebakaran gudang, kebakaran toko, rumah hingga kebakaran palinggih. Selain itu yang ditangani Damkar juga ada kebakaran tabung gas, kebakaran sampah, listrik, kebakaran pohon hingga kebakaran kendaraan.

Kata Tirana, dilihat dari bulan kejadian, kebakaran tertinggi terjadi pada bulan Juli sebanyak 51 kasus dan pada Agustus sebanyak 41 kasus. Menurutnya, tingginya angka kebakaran pada bulan tersebut dikarenakan adanya cuaca ekstrem.

Dari sejumlah musibah kebakaran yang terjadi di Kota Denpasar, ada kasus di mana unit mobil pemadam kebakaran sulit menjangkau lokasi. Itu dikarenakan jalan tempat kebakaran terjadi sempit dan sulit dilalui mobil Damkar.

Untuk itu timnya harus membentangkan selang yang cukup panjang agar dapat menyemprotkan air. 

“Kendala yang berat belum ada, kendala yang ringan-ringan seperti jalannya menuju lokasi kecil-kecil itu kami atasi dengan menggelar selang,” kata Tirana.

Kota Denpasar sementara ini memiliki 11-unit mobil damkar yang sebagian besar memiliki kapasitas sekitar 6.000 liter. “Ada 11 armada, di anggaran perubahan nanti dapat lagi 4 unit, jadinya nanti 15 unit,” imbuhnya.

Selain menangani kebakaran, Damkar Denpasar juga melakukan beberapa penyelamatan dan penanganan reptil masuk ke pemukiman warga. Sepanjang Januari – Agustus 2024 pihaknya menangani sebanyak 427 kejadian ular masuk pemukiman. 

Ada juga penyelamatan terhadap hewan peliharaan seperti anjing, kucing, bahkan ada kejadian sapi masuk sumur. “Kami juga menangani 74 biawak, 68 sarang tawon, juga pemotongan cincin sebanyak 45 kali,” tandasnya. 7 mis

Komentar