nusabali

Selamat! Koster-Giri, Mulia-PAS Lolos Tes Kesehatan Pilgub Bali

  • www.nusabali.com-selamat-koster-giri-mulia-pas-lolos-tes-kesehatan-pilgub-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Dua bakal Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta dan Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana dinyatakan telah memenuhi syarat kesehatan untuk Pilgub Bali 2024.

Hal ini sesuai dengan Surat Keterangan Telah Melakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Berita Acara Hasil Pemeriksaan Kesehatan dari RSUD Bali Mandara, Denpasar yang diserahkan KPU Provinsi Bali kepada pihak bakal paslon, Rabu (4/9/2024) sore.

Dua berkas pemeriksaan kesehatan itu diserahkan Anggota/Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bali AA Gede Raka Nakula ke Liaison Officer (LO) masing-masing bakal paslon. Bertempat di ruang pertemuan KPU Bali, Jalan Cok Agung Tresna Nomor 8, Niti Mandala, Denpasar.

"Pada prinsipnya, kedua bakal paslon memenuhi, mampu melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali secara jasmani, rohani, dan tidak terindikasi penyalahgunaan narkotika," ungkap Raka Nakula, Rabu sore.

Raka Nakula menegaskan, syarat kesehatan adalah salah satu persyaratan calon dari banyak poin-poin persyaratan lain yang sedang diverifikasi KPU sebelum menetapkan calon, 22 September 2024. "Semua (persyaratan) itu akan kami simpulkan apakah memenuhi syarat atau tidak," imbuh Raka Nakula.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Badung ini menuturkan, KPU tidak menerima rekam medis para bakal paslon namun hanya kesimpulan yang ditarik tim dokter pemeriksa. Sebab, riwayat kesehatan berkaitan dengan kerahasiaan personal.

"Rekam medis bersifat rahasia dan hanya untuk dilihat oleh bakal calon saja. Nah, itu bisa diambil atau diserahkan langsung RSUD Bali Mandara ke yang bersangkutan," jelas Raka Nakula.

Sebelumnya, Koster-Giri dan Mulia-PAS telah melakukan proses pemeriksaan kesehatan di RSUD Bali Mandara selama 1-2 September 2024. Kedua bakal paslon juga menyatakan kesiapan untuk diperiksa dan tidak ditemukan kendala berarti usai menjalani pemeriksaan.

"Yang pasti ada pemeriksaan jasmani dan rohani, termasuk psikotes dan tes IQ. Ada pemeriksaan rutin dari kepala sampai kaki, termasuk tulang, semua kami periksa. Kami mau pemimpin yang sehat untuk Bali lima tahun ke depan," ungkap Direktur RSUD Bali Mandara dr Gusti Ngurah Putra Dharma Jaya MKes jelang pemeriksaan, Minggu (1/9/2024) lalu.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sesuai Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024. Bakal calon baik di level provinsi dan kabupaten/kota yang berpengalaman dites kesehatan di pemilu dan pilkada sebelum-sebelumnya seperti Koster dan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyebut tes kali ini paling lengkap yang pernah dilakukan. *rat

Komentar