nusabali

Phil Foden dan Cole Palmer Absen Bela Inggris

Gabung Al-Ittihad, Steven Bergwijn Dicoret dari Timnas Belanda

  • www.nusabali.com-phil-foden-dan-cole-palmer-absen-bela-inggris

LONDON, NusaBali - Philips ‘Phil’ Foden, Cole Palmer, dan Ollie Watkins dipastikan absen membela Timnas Inggris untuk dua laga UEFA Nations League pada September 2024. Ya, Inggris dijadwalkan menghadapi tuan rumah Republik Irlandia pada Sabtu (7/9) malam Wita, dan menjamu Finlandia pada Rabu (11/9) dinihari Wita.

"Cole Palmer, Ollie Watkins dan Phil Foden tidak akan berpartisipasi  dalam pertandingan UEFA Nations League di Inggris," demikian pernyataan resmi Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), Rabu (4/9).

Saat ini Inggris ditangani pelatih interm Lee Carsley menyusul keputusan Gareth Southgate yang mengundurkan diri usai Euro 2024. 

Beberapa waktu lalu, Carsley mengumumkan 26 pemain yang dipanggil untuk jeda internasional September 2024. 

Namun, ketiga pemain tersebut dipastikan mundur dari skuad The Three Lions. Pada Selasa (3/9), para pemain yang dipanggil mendatangi kamp latihan Inggris di St. George’s Park untuk melapor. Namun, Foden tidak hadir dalam kesempatan tersebut. Pelatih Manchester City Pep Guardiola sebelumnya menjelaskan bahwa Foden terserang virus perut sehingga absen pada jeda internasional kali ini. 

Sedangkan Palmer dan Watkins cedera. Keduanya dipulangkan ke klub masing-masing, yakni Chelsea dan Aston Villa setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi fisiknya.  Hingga kini Lee Carsley belum memiliki rencana untuk memanggil pemain pengganti untuk tiga nama yang dicoret tersebut.

Sementara itu, pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman mencoret Steven Bergwijn dari skuadnya setelah penyerang sayap itu bergabung dengan klub Arab Saudi dalam usia relatif muda. Bergwijn pindah ke Al-Ittihad pada bursa musim panas 2024 dari Ajax Amsterdam seharga 21 juta euro (Rp 360 miliar) dan diikat kontrak selama tiga tahun.

Keputusan Bergwijn bergabung Al Ittihad disesalkan Koeman yang menganggap kepindahan jebolan akademi PSV Eindhoven itu karena tergiur uang. Koeman pun tegas mencoret nama Bergwijn dari timnas Belanda, padahal sudah 38 kali bermain dan mencetak 8 gol untuk De Oranje sejak 2018.

"Steven Bergwijn pergi ke Arab Saudi dalam usia 26 tahun. Jelas tak ada hubungannya dengan ambisi olahraga. Catatan kariernya bersama tim nasional Belanda sudah ditutup," kata Koeman, Selasa.

"Jika Anda 26 tahun, ambisi paling penting haruslah ambisi olahraga, bukan ambisi finansial. Dia bisa saja bertahan di Ajax, bukan?"

Belanda menghadapi Bosnia dan Herzegovina dalam laga pembuka Liga A Grup 3 UEFA Nations League, Minggu (8/9). Belanda tergabung di Grup 3 bersama Bosnia dan Herzegovina, Jerman, dan Hungaria.

Sedangkan Gelandang Newcastle United, Sandro Tonali kembali ke skuad tim nasional Italia usai menerima hukuman larangan bermain karena terlibat kasus judi. Dalam keterangan resmi FIGC, Sabtu lalu, pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti memanggil 23 nama pemain yang akan dipersiapkan untuk bersaing di UEFA Nations League 2024 pada September mendatang.

Selain nama Tonali, Spalletii juga memanggil sejumlah pemain yang jadi pilar tim di Piala Eropa 2024, seperti Gianluigi Donnarumma, Alessandro Bastoni, Riccardo Calafiori dan Lorenzo Pellegrini.  Spalletti juga memanggil nama baru, seperti bek Leicester City Caleb Okoli dan gelandang Atalanta, Marco Brescianini.  Spalletti tidak memanggil gelandang Inter Milan, Nicolo Barella yang menjalani operasi hidung karena masalah sinuistis.  ant

Komentar