nusabali

Kejutan, Bahrain Curi Kemenangan di Kandang Australia

  • www.nusabali.com-kejutan-bahrain-curi-kemenangan-di-kandang-australia

GOLD COAST, NusaBali.com - Timnas Bahrain mencatat kemenangan mengejutkan 1-0 atas Australia yang bermain dengan 10 pemain dalam laga pembuka Grup C Kualifikasi AFC Asian menuju Piala Dunia 2026 di Stadion Robina, Kamis (5/9/2024).

Pada pertandingan lain Grup C, Jepang membatai China 7-0, sedangkan Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Arab Saudi pada Jumat dini hari waktu Indonesia.

Australia harus bermain dengan 10 pemain setelah Kusini Yengi menerima kartu merah di menit ke-77. Petaka bagi Australia datang di menit-menit akhir pertandingan ketika Harry Souttar secara tidak sengaja membelokkan umpan silang Abdulla Alkhalasi ke gawangnya sendiri, memberikan Bahrain kemenangan pertama mereka atas Socceroos sepanjang sejarah.

Bermain untuk pertama kali di Gold Coast, Australia hampir memimpin di menit kedua melalui Alessandro Circati, tetapi tendangannya yang terdefleksi berhasil ditepis kiper Bahrain, Ebrahim Lutfulla, dari bawah mistar gawang.

Sepanjang pertandingan, Bahrain lebih banyak bertahan. Pelatih Dragan Talajic mengandalkan serangan balik cepat, terutama melalui Ali Madan dengan umpan-umpan panjang di belakang pertahanan Australia.

Australia hampir memecah kebuntuan di menit ke-33 dari skema sepak pojok pendek. Craig Goodwin memberikan umpan silang ke kotak penalti yang disambut oleh Aiden O’Neill, namun bola hanya melambung di atas mistar gawang.

Goodwin terus menjadi motor serangan Australia. Dua menit menjelang turun minum, umpan silangnya dari sisi kiri memberikan peluang emas bagi Kusini Yengi, namun striker Portsmouth itu gagal memaksimalkan peluang dan melebar dari jarak dekat.

Memasuki babak kedua, kedua tim tidak melakukan pergantian pemain. Namun, dengan minimnya peluang yang tercipta, pelatih Australia Graham Arnold memutuskan memasukkan striker Bayern Munich II, Nestory Irankunda, menggantikan Martin Boyle.

Di sisi lain, pelatih Bahrain Talajic merespons dengan mengganti Ali Madan dan Mahdi Hasan dengan Husain Abdulaziz dan Ebrahim Alkhatal untuk menyegarkan lini depan.

Laga babak kedua berjalan lambat dan terhenti-henti. Keunggulan jumlah pemain diperoleh Bahrain di menit ke-77 setelah Yengi mendapat kartu merah akibat pelanggaran berbahaya terhadap Sayed Baqer.

Bahrain memanfaatkan situasi ini dengan baik. Di menit ke-89, umpan silang Abdulla Alkhalasi dari sisi kiri dibelokkan oleh Harry Souttar ke gawangnya sendiri, membuat kiper Australia Mathew Ryan tidak mampu berbuat banyak.

Kemenangan ini akan dibawa Bahrain ke Riffa, tempat mereka akan menghadapi Jepang pada laga berikutnya, sementara Australia akan bertandang ke Jakarta untuk menghadapi Indonesia. Dua laga ini digelar  pada Selasa, 10 September. 

Komentar