nusabali

DPRD Karangasem Berkekuatan 5 Fraksi

Golkar Belum Setorkan Kandidat Wakil Ketua

  • www.nusabali.com-dprd-karangasem-berkekuatan-5-fraksi

AMLAPURA, NusaBali - Ketua Sementara DPRD Karangasem I Wayan Suastika mengesahkan lima fraksi di DPRD Karangasem. Usai pembentukan fraksi, Dewan Karangasem akan membentuk pimpinan definitif, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) hingga komisi-komisi.

“Nanti setelah ditetapkan pimpinan DPRD definitif, barulah berlanjut membentuk komisi-komisi,” ujar I Wayan Suastika, usai memimpin rapat di Sekretariat DPRD Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (5/9).

Terkait AKD yang belum terbentuk, lanjut, I Wayan Suastika, karena dari Fraksi Partai Golkar belum menyetor nama Wakil Ketua DPRD, sehingga belum lengkap untuk membentuk komisi-komisi.

Suastika kemarin membacakan, struktur 5 Fraksi di DPRD Karangasem, yakni Fraksi PDIP dengan Ketua I Made Ruspita, Fraksi Partai Gerindra dengan Ketua Ni Komang Molu Indah Juliani, Fraksi Partai Golkar dengan Ketua I Nyoman Sumadi, Fraksi Partai Demokrat dengan Ketua I Made Parnawa dan Fraksi Partai NasDem dengan Ketua I Gusti Ngurah Gede Subagiarta. Semua fraksi yang dibentuk telah lengkap strukturnya, ada wakil ketua, sekretaris dan bendahara. 

Kelima fraksi tersebut telah menyetorkan nama-nama anggota DPRD yang akan duduk di Komisi I, Komisi II, Komisi III dan Komisi IV. PDIP sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2024, dengan 15 kursi, dijatah Ketua DPRD. Sedangkan Partai Gerindra dengan perolehan 9 kursi dijatah Wakil Ketua DPRD. Sementara Partai Golkar dengan 8 kursi dijatah Wakil Ketua DPRD. Sementara Fraksi Demokrat, dengan 6 kursi juga mendapatkan kursi Wakil Ketua DPRD. Khusus untuk Partai Hanura dan Partai Perindo, masing-masing memiliki satu kursi, gabung ke Fraksi PDIP, sehingga Fraksi PDIP beranggotakan 17 anggota.

Ketua Fraksi PDIP I Made Ruspita yang merupakan pendatang baru saat dikonfirmasi terkait dirinya jadi Ketua Fraksi PDIP  tidak mau berkomentar berlebihan. “Tidak perlu dikomentari berlebihan, menjadi Ketua Fraksi PDIP adalah sebagai petugas partai, siap menjalankan tugas,” ujar Ruspita.k16

Komentar