nusabali

Senior PDIP Karangasem Nyoman Winata ‘Balik Arah’

Pilih Dukung Parwata-Pandu di Pilkada Karangasem

  • www.nusabali.com-senior-pdip-karangasem-nyoman-winata-balik-arah

AMLAPURA, NusaBali - Salah satu kader senior PDI Perjuangan (PDIP) di Karangasem, yakni I Nyoman Winata yang menjabat Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP Karangasem, memilih jalur berbeda dengan induk partainya di Pilkada Karangasem 2024.

Winata balik arah mendukung pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Karangasem I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa (GP) yang diusung Partai NasDem-Golkar padahal induk partainya PDIP mengusung Cabup-Cawabup I Gede Dana-I Nengah Swadi.

"Saya mundur dari PDIP, besok (hari ini) akan saya kembalikan KTA," ujar Winata saat datang ke Sekretariat GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu) Karangasem Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat (6/9). Menurut politisi asal Banjar Asak Kawan, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem yang juga mantan Bendesa Adat Asak ini dirinya siap atas sanksi dari PDIP terhadap dirinya sebagai kader. “Saya sendiri yang akan kembalikan KTA,” katanya lagi. 

Winata sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota DPRD Karangasem selama tiga periode (2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024) dari Daerah Pemilihan Karangasem I Kecamatan Karangasem. Sementara di Pileg 2024 lalu Winata gagal meraih kursi DPRD Karangasem untuk keempat kalinya. Di internal PDIP, Winata juga pernah menjabat Ketua PAC PDIP Kecamatan Karangasem.

Menanggapi mundurnya Winata, Sekretaris DPC PDIP Karangasem I Wayan Sudira mengaku belum dapat laporan terkait membelotnya Nyoman Winata yang mendukung pasangan calon (Paslon) yang diusung parpol lain di Pilkada Karangasem 2024. "Jika yang bersangkutan tidak mengundurkan diri, ya dipecat dari keanggotaan partai. Sebab AD-ART partai menyebutkan seperti itu," ujar Sudira.

Pada Jumat kemarin Winata hadir ke Sekretariat GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu) Karangasem Jalan Ahmad Yani Amlapura bersama Bendahara DPC Partai Hanura Karangasem I Komang Dwi Purwa Adi Susila, dan Bendahara DPD Partai Perindo Karangasem I Putu Eka Juliawan. Mereka menyatakan bergabung untuk mendukung Paslon I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa (GP). Mesti ketiganya berada di bawah naungan parpol yang sama-sama mendukung paket I Gede Dana dan I Nengah Swadi.

Kedatangan ketiga pentolan lintas partai ini disambut Ketua DPD Partai NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Sekretaris DPD Partai NasDem I Made Juita dan bakal calon Bupati Karangasem I Gusti Putu Parwata. Bendahara DPC Partai Hanura Karangasem I Komang Dwi Purwa Adi Susila adalah mantan anggota DPRD Karangasem 2019-2024 dari Partai Hanura Dapil Karangasem VI Kecamatan Abang. Sedangkan Bendahara DPD Partai Perindo I Putu Eka Juliawan juga merupakan mantan anggota DPRD Karangasem 2019-2024. 

Ketua DPD Perindo Karangasem, I Ketut Mangku mengaku belum ada konfirmasi kepada dirinya terkait salah satu kadernya yang mendukung Paslon lain di Pilkada 2024. "Saya belum tahu soal sanksi terhadap kader yang tidak loyal," kata Ketut Mangku. Sedangkan Ketua DPC Partai Hanura Karangasem, I Wayan Budi mengatakan belum mendapatkan laporan terkait kadernya I Komang Dwi Purwa Adi Susila yang pilih gabung ke Paslon lain. "Belum dapat laporan ke saya mengenai kader Partai Hanura merapat ke paket GP," ujar I Wayan Budi. 7 k16

Komentar