nusabali

Perbaikan Alinyemen Tanjakan Goa Gong Tunggu Pengesahan Pemprov

  • www.nusabali.com-perbaikan-alinyemen-tanjakan-goa-gong-tunggu-pengesahan-pemprov

MANGUPURA, NusaBali - Proyek perbaikan alinyemen di tanjakan Jalan Goa Gong, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, kini tinggal menunggu pengesahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

Perbaikan alinyemen yang merupakan bagian inisiatif peningkatan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara, sekaligus mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan saat ini proyek tersebut sedang dalam proses pengesahan di Pemrov Bali. Dia berharap proses ini dapat segera selesai, sehingga bisa  dikerjakan pada September 2024.

“Proyek alinyemen Jalan Goa Gong sudah masuk proses perencanaan, ketok palu RAPBD saat ini sedang tahap pengesahan di provinsi,” ungkapnya saat ditemui di Sentral Parkir Kuta, Kecamatan Kuta, Badung pada Rabu (4/9).

Dikatakan, perbaikan elinyemen tersebut akan memfokuskan pada area sepanjang sekitar 1 kilometer sebelum tanjakan Jalan Goa Gong. Proyek ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi jalan yang saat ini dinilai kurang memadai dan berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan. Selain itu, rencana penataan halaman Pura Goa Gong juga akan dilakukan seiring dengan perbaikan jalan. Total pagu anggaran untuk proyek ini diperkirakan sekitar Rp 3 miliar.

Terkait usulan pembuatan jalan baru di samping Pura Goa Gong, menurut Surya Suamba hal tersebut tidak diperlukan. “Nanti akan kami lihat, menurut saya sudah tidak diperlukan lagi, karena kita memanfaatkan yang eksisting itu,” ujarnya.

Surya Suamba melanjutkan, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, juga telah memberikan dukungan penuh untuk mempercepat proses pengesahan RAPBD. Sebab, pihaknya berharap proyek ini bisa selesai pada akhir tahun 2024. “Bupati Badung juga sudah mendorong agar mempercepat RAPBD ditandatangani oleh Pj Gubernur Bali,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Badung berencana akan melakukan peninggian alinyemen di tanjakan Jalan Goa Gong dari bawah Pura Goa Gong menuju ke atas hingga ke depan Pura Goa Gong, dengan variasi ketinggian antara 0,5 meter hingga 1,5 meter. Perbaikan alinyemen ini bertujuan agar tikungan di atas tidak terlalu curam dan kendaraan tidak terlalu berat saat menanjak. 7 ol3

Komentar