nusabali

TPA Suwung Kembali Terbakar

  • www.nusabali.com-tpa-suwung-kembali-terbakar

Petugas damkar memadamkan api dalam waktu dua jam. Selanjutnya, petugas siaga untuk melakukan pendinginan setiap saat.

DENPASAR, NusaBali
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Sarbagita Suwung, Denpasar Selatan, Kota Denpasar kembali mengalami kebakaran, Jumat (6/9) siang. Kebakaran terjadi diduga akibat dari kemarau panjang. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Denpasar I Made Tirana, menyebut informasi peristiwa kebakaran terjadi pukul 13.30 Wita. Setelah adanya informasi tersebut, pihaknya menerjunkan 6 armada ditambah 2 armada dari Pemkab Badung dan 2 tangki dari UPTD TPA, serta dibantu Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar dan Provinsi Bali.

Tirana mengatakan, proses penyemprotan mengerahkan sebanyak 60 personel untuk antisipasi api terlalu meluas. “Ada 60 personel yang memadamkan api TPA. Syukurnya dalam waktu dua jam proses pemadaman bisa selesai tanpa rembetan api ke lokasi lainnya,” ucapnya. 

Kata Tirana, proses pemadaman cukup cepat dari pukul 13.30 hingga 15.45 Wita. Penanganan bisa dipercepat karena akses untuk armada masuk ke lokasi sudah semakin bagus, sehingga tidak ada keterlambatan proses pemadaman seperti sebelumnya. 

Menurutnya, kebakaran terjadi diduga akibat kemarau panjang. Percikan api kemungkinan muncul dari sampah yang dibuang dan gas metan yang ada di TPA. 

Tirana menyebut, titik api ditemukan di semak-semak di sebelah barat kolam lindi TPA Suwung, dengan luas area terbakar sekitar 3.000 meter persegi.

“Kemungkinan ada sampah korek api, atau baterai yang terbuang ditambah ada gas metan dan panas akibat kemarau panjang memicu munculnya api di dalam sampah,” ujar Tirana. 

Dikatakannya, akses masuk TPA yang sudah bagus membuat pergerakan petugas bisa lebih leluasa. “Sebelumnya memang terkendala akses. Tapi sekarang dengan akses yang sudah bagus, sehingga api bisa tertangani dengan baik. Bahkan kami juga berupaya melakukan pendinginan setiap saat. Ke depan kami berharap akses ke TPA bisa dipermudah lagi,” katanya.

TPA Suwung sebelumnya sempat mengalami kebakaran pada 8 Mei 2024. Bahkan pada 12 Oktober 2023, TPA Suwung mengalami kebakaran hebat yang saat itu proses pemadamannya memakan waktu hingga sebulan. 7 mis, ant

Komentar