nusabali

Ribuan Benih Ikan Ditebar di Danau Batur

  • www.nusabali.com-ribuan-benih-ikan-ditebar-di-danau-batur

BANGLI, NusaBali. - Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli kembali melakukan restoking atau menyebar benih ikan di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Jumat (6/9). Restoking kali ini 75.000 benih ikan.

Kadis PKP Bangli I Wayan Sarma mengatakan kegiatan penebaran benih ikan rutin dilakukan. Tahun ini dialokasikan anggaran dari APBD Bangli melalui dana mandatory Perikanan Rp 97.825.000. Dana ini untuk kegiatan pengadaan benih ikan jenis nila 150.000 ekor. 

“Penebaran benih ikan dilaksanakan dua tahap. Kali ini sebanyak 75.000 benih ikan ditebar dan 75.000 lagi ditebar pada bulan November 2024, bertepatan dengan Hari Perikanan,” jelasnya. 

Menurut Wayan Sarma, tujuan dari kegiatan ini untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya hayati di perairan umum. Selain itu, mengembalikan dan meningkatkan populasi ikan di perairan, serta meningkatkan produksi perikanan guna memenuhi gizi masyarakat dan peningkatan perekonomian nelayan. "Kegiatan ini juga untuk menekan angka stunting karena ikan  mengadung gizi yang tinggi,” sebutnya.

Ditambahkan, proses penebaran benih langsung dilakukan di dalam danau atau tidak di pinggir danau. Langkah ini dilakukan karena benih yang ditebar baru melalui proses karantina sehingga perlu arus yang dalam. Benih yang ditebar diperoleh dari para pendeder ikan di Bangli.  “Karena penyebaran benih di tengah danau sehingga kami gunakan dua kapal perairan,” sebutnya. 7esa

Komentar