nusabali

Tamba Dorong Pemuda Jembrana Kerja ke Luar Negeri

  • www.nusabali.com-tamba-dorong-pemuda-jembrana-kerja-ke-luar-negeri

NEGARA, NusaBali - Bupati Jembrana I Nengah Tamba mendorong generasi muda Jembrana untuk berkarier dengan bekerja ke luar negeri.

Hal ini disampaikan Tamba saat menghadiri acara wisuda Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Negara Hotel Institute (NHI) di Hotel Jimbarwana, Jumat (6/9). Tamba mengatakan, peluang kerja di luar negeri sangat terbuka lebar bagi pemuda Jembrana.
 
Tamba menegaskan bahwa Pemkab melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Jembrana terus berupaya menyediakan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja internasional. “Permintaannya sangat tinggi sekali, banyak job yang diperlukan. Jadi manfaatkan peluang itu. Daftarkan diri dan ikuti pendidikannya. Bekerja ke luar negeri untuk merubah nasib jadi lebih baik,” ujar Tamba.

Kepada wisudawan NHI, Tamba menyampaikan bahwa kehidupan yang sesungguhnya, akan dimulai setelah wisuda. Di lihat dari skill atau kemampuan, dia yakin para wisudawan ini sudah mumpuni. Namun selain skill, Tamba mengingatkan pentingnya attitude atau sikap yang baik untuk kerja ke luar negeri. “Secara skill, saya kira adik-adik sudah menguasai betul. Baik itu dari segi bahasa dan tentang deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan. Target kalian kan kerja ke luar negeri, entah itu di darat maupun di kapal pesiar. Jadi selain skill, attitude adalah yang sangat penting,” ujar Tamba. 

Menurut Tamba, kerja di dalam negeri sangat berbeda dengan di luar negeri. Dia menyatakan ada tuntutan harus disiplin, terutama disiplin dalam urusan waktu. “Hal inilah yang tak boleh sampai salah untuk dipahami. Sebab nantinya bisa berdampak buruk bagi diri sendiri. Bertindak tidak disiplin dalam urusan waktu akan berdampak besar pada pekerjaan,” tegas mantan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Bali, ini.

Tamba juga menyampaikan apresiasi kepada LPK NHI yang telah berperan aktif dalam mencetak generasi muda yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat global. Dia pun berharap para wisudawan yang juga sebagian besar adalah putra Jembrana ini sukses memasuki dunia kerja internasional. ode

Komentar