nusabali

Bawaslu Bali Latih Jajarannya Urus Laporan Pemilu

Penindakan, Jurus Pamungkas Jaga Keadilan Pilkada

  • www.nusabali.com-bawaslu-bali-latih-jajarannya-urus-laporan-pemilu

TABANAN, NusaBali - Anggota Bawaslu Bali, I Wayan Wirka mengatakan masa kampanye dan pungut hitung merupakan momen yang paling melekat di masyarakat sebagai penanda dimulainya proses elektoral. Tahap ini juga banyak modus pelanggaran yang timbul. Bawaslu akan menggunakan penindakan sebagai jurus pamungkas untuk menjaga keadilan Pilkada.

“Dari politik uang yang membungkam suara, hingga intimidasi yang meredam kebebasan memilih. Di dua tahapan ini miliki potensi pelanggaran yang dapat mengoyak edealisme berdemokrasi oleh segelintir ambisi kekuasaan,” kata Wirka saat kegiatan pelatihan penerimaan laporan, pembuatan kajian dan mekanisme klarifikasi untuk jajarannya di Bawaslu Kabupaten/Kota, Sabtu (7/9).

Menurut Wirka, pelanggaran tak hanya mencederai proses demokrasi, tapi juga merusak kepercayaan publik terhadap sistem yang seharusnya menjadi cerminan kehendak mereka, maka dari itu, selain terus mengupayakan pencegahan, pihaknya juga mempersiapkan proses penindakan sebagai upaya terakhir yang harus dilakukan apabila pencegahan tidak lagi diindahkan. 

“Jika memang tindakan persuasif pencegahan kami tidak didengarkan, kami harus mempersiapkan penindakan sebagai upaya terakhir menjaga proses kontestasi ini,” tegas Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Bali itu.

Lebih jauh, pria yang juga advokat senior ini menjelaskan, bahwa dampak dari modus pelanggaran, utamanya pelanggaran pidana dalam pemilihan ini menumbuhkan rasa skeptis publik yang jika dibiarkan akan melahirkan sikap apatis terhadap sistem politik. 

“Lambat laun akan menggerus legitimasi Demokrasi kita, mengikis hakikat dari pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” pungkas Pria asal Desa/Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, ini.n nat

Komentar