nusabali

Petani Stroberi Pancasari Dapat Suntikan Bantuan dari Pusat

  • www.nusabali.com-petani-stroberi-pancasari-dapat-suntikan-bantuan-dari-pusat

SINGARAJA, NusaBali - Kelompok Tani Subak Abian Candi Mas, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, baru saja mendapatkan alokasi bantuan pengembangan kawasan stroberi seluas 0,1 hektare dari Kementerian Pertanian RI.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Buleleng, I Gede Subudi menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan berupa sarana produksi. Seperti pupuk organik 2,7 ton, pupuk majemuk 1 ton, dolomit 200 kilogram, kalium nitrat 250 kilogram.

Jumlah bantuan itu disesuaikan dengan kebutuhan selama satu tahun masa pengembangan. "Stroberi di Buleleng ini menarik karena panennya tidak terpengaruh musim sepenuhnya. Meski begitu, saat musim hujan, produksi memang cenderung menurun," ujar Subudi, dikonfirmasi Minggu (8/9).

Lebih lanjut, Subudi menjelaskan bahwa hasil panen stroberi dari bantuan pengembangan sepenuhnya menjadi milik petani. Mereka bebas memanfaatkannya, baik untuk konsumsi pribadi maupun dijual ke pasar.

"Stroberi dipilih menjadi komoditas pengembang karena ada alokasi khusus dari pemerintah pusat, dan Buleleng dinilai memiliki potensi yang cukup besar dalam budidaya stroberi. Selain Buleleng, hanya Tabanan di Bali yang juga mendapatkan alokasi serupa," imbuhnya.

Ke depannya, Subudi berharap Buleleng dapat menjadi sentra produksi stroberi di Bali. Pasalnya, permintaan stroberi untuk industri makanan dan minuman seperti selai cukup tinggi. "Kami ingin stroberi Buleleng bisa memenuhi kebutuhan pasar lokal, bahkan nasional. Dengan dukungan ini astungkara membantu peningkatan produksi," pungkasnya.7 mzk

Komentar