nusabali

Store Sarinah di KEK Sanur Serap Produk UMKM Bali

  • www.nusabali.com-store-sarinah-di-kek-sanur-serap-produk-umkm-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Pusat ritel dan perdagangan milik BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), Sarinah, membuka secara resmi store (toko) terbarunya di lantai dasar Hotel Bali Beach Sanur, Senin (9/9/2024).

Pembukaan store ini menandai langkah strategis Sarinah dalam memperluas jangkauan dan memperkuat posisinya sebagai destinasi belanja yang mempromosikan kekayaan budaya dan kerajinan tangan Indonesia. Outlet di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur ini memasarkan produk-produk UMKM Nusantara khususnya dari Pulau Dewata. 

Store Sarinah kategori pariwisata ini menjadi yang ketiga di Indonesia setelah di TMII Jakarta dan Candi Prambanan Yogyakarta. Sementara di Bali, outlet di Sanur menjadi yang ketiga setelah outlet yang ada di terminal domestik dan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sarinah sendiri telah ada di beberapa daerah di Indonesia, terdiri dari empat kategori store meliputi store utama (flagship) di Jakarta Jalan Thamrin, store daerah, store pariwisata, dan store luar negeri. 

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan, Sarinah store bukan hanya sekadar tempat berbelanja, tetapi juga menjadi ruang untuk merayakan kekayaan budaya dan kualitas produk lokal. 

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku brand lokal serta UMKM dan mempromosikan produk-produk Indonesia ke kancah internasional. Dengan mengutamakan hospitality yang baik, kami ingin memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan berkesan bagi setiap pengunjung,” ujarnya. 

Menghadirkan 40 brand lokal yang terkurasi, Sarinah Store Sanur seluas 90 meter persegi menawarkan produk yang memenuhi kebutuhan wisatawan akan barang berkualitas dan autentik. Setiap produk mencerminkan keindahan budaya Indonesia, dengan kategori produk mulai dari fashion, batik, perhiasan, kecantikan, kerajinan tangan, hingga dekorasi rumah.

“Jadi Sarinah yang ada di lokasi-lokasi tertentu tentu akan mengedepankan produk-produk dari daerah tersebut. Misalnya seperti di sini produk Bali kita hadirkan di sini seperti wastra, fashion, kosmetik, home decor, perhiasan, sampai produk makanan dan minuman,” kata Fetty. 

Kolaborasi antara Sarinah dan Bali Beach Hotel (anak perusahaan InJourney Hospitality) semakin memperkuat sinergi antarmember InJourney Group dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. 

Kehadiran Sarinah Store di Sanur diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan mempromosikan Bali sebagai destinasi wisata belanja yang berbeda.

"Kami melihat potensi besar di Sanur dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu, dengan adanya rencana pengembangan Sanur Special Economic Zone, kami memperkirakan ke depannya jumlah wisatawan akan terus meningkat. Hal ini memberikan peluang besar bagi Sarinah untuk menjadi destinasi belanja utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara di kawasan Sanur,” ungkap Fetty. 

Direktur Utama InJourney Hospitality Christine Hutabarat mengatakan, kehadiran Store Sarinah di Bali Beach Hotel adalah contoh nyata komitmen InJourney Group dalam meningkatkan daya tarik Sanur sebagai landmark pariwisata kesehatan dan menjadi magnet bagi para pengunjung/wisatawan untuk berkunjung ke KEK Sanur. 

Pembukaan store Sarinah ini bukan hanya menambah keberagaman pilihan layanan di KEK Sanur, tetapi juga memperkuat posisi Bali Beach Hotel sebagai akomodasi bintang 5 yang terintegrasi dengan fasilitas pariwisata dan kesehatan yang menghadirkan produk lokal yang berkualitas. 

“Kami optimis kolaborasi InJourney Group ini menghadirkan added value bagi pengunjung, pengalaman bermakna dan mendukung pertumbuhan perekonomian lokal, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujar Christine. 

Komentar