nusabali

Dipicu Korsleting, Mobil dan Lumbung Padi Terbakar

  • www.nusabali.com-dipicu-korsleting-mobil-dan-lumbung-padi-terbakar

SINGARAJA, NusaBali - Kebakaran terjadi di sebuah rumah di Jalan Pulau Komodo, Kelurahan Banyuning, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, pada Selasa (10/9) dini hari sekitar pukul 02.15 Wita.

Kebakaran tersebut diduga dipicu korsleting serta menghanguskan satu unit mobil dan lumbung padi.

Kronologi kebakaran bermula saat saksi Putu Eka Juniari, 31, yang tinggal di sebelah rumah terbangun untuk membuatkan susu anaknya. Namun ketika berada di dapur, tiba-tiba ia mendengar suara ledakan di samping rumahnya. Saksi Eka lalu keluar dan melihat ada kobaran api di lumbung padi yang berada di samping rumahnya.

Tak jauh dari lumbung padi itu, terparkir satu unit mobil Suzuki APV dengan nomor polisi DK 1997 JP. Api yang sudah membesar, kemudian menjalar melalui paranet yang digunakan untuk melindungi mobil dari cahaya matahari. Saksi Eka kemudian membangunkan saksi Ketut Sedana, 64, kemudian membangunkan Nyoman Arnawa, 58, selaku pemilik rumah.

“Mereka bertiga kemudian bersama-sama mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Karena api semakin membesar, akhirnya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Buleleng,” ujar Kapolsek Kota Singaraja, Kompol Made Agus Dwi Wirawan dikonfirmasi Selasa (10/9) siang.

Dinas Damkar Buleleng mengerahkan 13 orang personel dan tiga unit armada pemadam, menuju ke lokasi kebakaran. Setelah berjibaku, api berhasil dipadamkan sekitar 60 menit. Beruntung api juga dapat dengan cepat dipadamkan, mengingat kawasan tersebut merupakan pemukiman padat penduduk.

Namun nahas satu unit mobil APV dan lumbung padi beratap seng ukuran 3 m x 6 m sudah dalam kondisi ludes. Akibat peristiwa ini, kerugian ditafsir mencapai Rp 100 juta juga tidak ada korban jiwa. “Kebakaran diduga terjadi akibat arus pendek listrik yang berasal dari kabel melintang di sekitar lumbung yang terbakar,” tandasnya.7 mzk

Komentar