nusabali

Bukan Honor, Paskibraka Terima Dana Apresiasi

  • www.nusabali.com-bukan-honor-paskibraka-terima-dana-apresiasi

AMLAPURA, NusaBali - 55 anggota Paskibraka yang bertugas pada puncak peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI menerima dana apresiasi dari Bupati Karangasem I Gede Dana. Per anggota menerima Rp 6 juta, berupa buku tabungan.

Sebelumnya, Paskibraka ini dianggarkan untuk terima honor per anggota Rp 3,565 juta. "Batal dapat honor, diganti dengan penghargaan dalam bentuk apresiasi Rp 6 juta per anggota, dipotong pajak," jelas Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan I Nyoman Adil kepada NusaBali di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Selasa (10/9).

Mulanya, kata dia, dianggarkan untuk sekali latihan dapat honor Rp 115.000. Paskibraka Karangasem berjumlah 55 orang, per anggota Rp 3,565 juta, total honor Rp 196,75 juta. Honor dihitung dari latihan selama 31 hari, dari 15 Juli hingga 16 Agustus, terhitung hari kerja.

Pembina Paskibraka Karangasem selama latihan dipercayakan kepada, koordinator Letnan Satu Inf I Ketut Gedur, turut membantu memberikan materi pelatihan, Peltu I Ketut Budiarta, Serma I Gede Oka Mahendra, Sertu I Wayan Gede Widiarta, dan Sertu I Ketut Catur. "Hanya pelatihnya yang dapat honor," katanya.

Selain dapat dana apresiasi, 55 anggota Paskibraka Karangasem juga dapat bonus study tour ke Yogyakarta, 18 - 20 September.

Bupati I Gede Dana didampingi Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa dan Sekda I Ketut Sedana Merta, menyerahkan dana apresiasi kepada 55 anggota Paskibraka di Wantilan Sabha Prakerti,   Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Senin (9/9). "Saya bangga dengan semangat dan disiplin kalian, mampu menuntaskan latihan dan bertugas dengan baik," jelas Bupati Dana.

Dana apresiasi, kata Bupati Dana, sebagai bentuk motivasi agar lebih semangat belajar, berkiprah, untuk meraih sukses dan  cita-cita yang diinginkan.

Untuk diketahui, tahun 2023, Paskibraka Karangasem tidak terima honor. Karena saat itu terjadi transisi, sebelumnya ditangani Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Mestinya di tahun 2023, setiap anggota Paskibraka terima honor Rp 3,105 juta.7k16

Komentar