nusabali

Kemenag Gianyar Salurkan Kitab Suci Ramah Disabilitas

  • www.nusabali.com-kemenag-gianyar-salurkan-kitab-suci-ramah-disabilitas

Kitab suci yang diserahkan adalah 2 set versi braille, 2 versi audio book, dan 2 versi braille video bahasa isyarat.

GIANYAR, NusaBali
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gianyar memfasilitasi penyerahan kitab suci Agama Hindu ramah disabilitas di SLB Negeri 1 Gianyar dan Yayasan Bhakti Senang Hati, Desa Siangan, Gianyar, Jumat (13/9). 

Penyerahan bantuan kitab suci sebagai salah satu bentuk implementasi Tri Hita Karana, khususnya bidang Pawongan (hubungan baik sesama manusia) oleh Kemenag Gianyar. Penyerahan kitab suci oleh Kasi Urusan Agama Hindu Ida Bagus Rai Supada didampingi koordinator dan penyuluh agama Hindu. 

Penyerahan pertama di SLB Negeri 1 Gianyar. Selanjutnya di Yayasan Bhakti Senang Hati, Desa Siangan, Gianyar. “Kitab suci Agama Hindu ramah disabilitas ini merupakan bantuan dari Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI dengan perhatian khusus terhadap disabilitas,” jelas Ida Bagus Rai Supada. 

Bantuan yang diserahkan adalah dua set kitab suci Agama Hindu ramah disabilitas versi braille, dua kitab suci Agama Hindu ramah disabilitas versi audio book, dan dua kitab suci Agama Hindu ramah disabilitas versi braille video bahasa isyarat. 

Ida Bagus Rai Supada mengungkapkan, penyerahan bantuan ini untuk menggunakan format digital yang bisa diakses dengan perangkat pembaca layar. Termasuk tersedia versi kitab suci dalam format yang sesuai untuk berbagai disabilitas seperti braille untuk tuna netra atau audio untuk mereka yang kesulitan membaca teks cetak. 

Ida Bagus Rai Supada menegaskan, penyerahan bantuan ini sebagai bentuk implementasi ajaran Agama Hindu. Khususnya Tri Hita Karana yaitu hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam. 7 nvi

Komentar