nusabali

Pusat Distribusikan 8.100 Dosis Vaksin PMK ke Tabanan

  • www.nusabali.com-pusat-distribusikan-8100-dosis-vaksin-pmk-ke-tabanan

TABANAN, NusaBali - Guna menuntaskan vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Kabupaten Tabanan digelontor 8.100 dosis vaksin dari pemerintah pusat. Distribusi telah dilakukan Kamis (5/9) lalu.

Tambahan vaksin ini segera akan direalisasikan mengingat vaksinasi sebelumnya sempat terhenti lantaran kekurangan vaksin. Vaksinasi nantinya mulai dilakukan dari Kecamatan Pupuan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan, Gde Eka Parta Ariana mengatakan total bantuan pusat kepada Tabanan untuk vaksinasi PMK mencapai 8.100 dosis. "Ini tambahan vaksinasi dari sebelumnya, ujar Parta Ariana, Jumat (13/9).

Disebutkan, dengan sudah mendapatkan vaksinasi tersebut, pihaknya langsung menjadwalkan vaksinasi mulai dari Kecamatan Pupuan. Karena di daerah tersebut banyak masyarakat memelihara kambing. "Kalau vaksinasi sebelumnya itu rata-rata sudah tuntas diatas 50 persen," katanya.

Dia memrediksi vaksin 8.100 dosis ini belum bisa menjangkau seluruh populasi sapi di Kabupaten Tabanan. “Kalau hitung-hitungan target, provinsi dan pemerintah pusat yang punya hitungannya. Kami sekarang hanya disuruh menghabiskan sekitar 8.100 dosis. Tapi prediksinya akan ada tambahan vaksin lagi," tandasnya.

Sementara itu, sesuai data di Dinas Pertanian Tabanan, per Juli lalu capaian vaksinasi PMK di daerah lumbung pangan ini telah mencapai 21.236 ekor dari total estimasi populasi sapi di Tabanan sebesar 41.292 ekor.

Capaian terendah di Kecamatan Pupuan dengan capaian masih nihil dari total estimasi sapi sebesar 307 ekor. Sementara itu, capaian tertinggi di Kecamatan Baturiti dari estimasi populasi 12.325 ekor, realisasinya telah mencapai 5.668.7des

Komentar