nusabali

Sejarah! Ganda Campuran Bali Raih Emas Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

  • www.nusabali.com-sejarah-ganda-campuran-bali-raih-emas-tenis-meja-pon-xxi-aceh-sumut-2024

MEDAN, NusaBali.com – Pasangan ganda campuran tenis meja Bali berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas pada partai final melawan Jawa Timur dalam PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara, Minggu (15/9/2024), di GOR Angsapura, Medan, Sumatera Utara, dalam lima set penuh.

Pasangan I Komang Sugita dan Ni Made Siska P menjadi pahlawan Bali setelah memenangkan laga dramatis atas favorit juara dari Jawa Timur, Affan Mauluduna Pratama/Dwi Oktaviani Sugiarto 13-15, 11-6, 13-11, 6-11, dan 11-6.

Sebelumnya, pada Minggu siang, Komang/Siska menyingkirkan pasangan ganda campuran Jawa Barat, Taufiq Zikri/Wida dengan skor 3-1.
 
Kemenangan di partai final ini menjadi yang pertama bagi Bali dalam sejarah cabang olahraga tenis meja PON sejak pertama kali digelar pada tahun 1948. "Hari ini sejarah terjadi, tim tenis meja ganda campuran Bali berhasil meraih emas di PON," ungkap Pelatih PON Bali, Gede Ardika, usai pertandingan.

Pada laga final, tensi tinggi sudah terasa sejak set pertama. Pasangan Bali sempat mendominasi dengan skor 9-5, tetapi pasangan Jawa Timur berhasil mengejar dan menang dengan skor 15-13. Namun, Bali segera bangkit di set kedua, menang telak 11-6, dan kembali unggul di set ketiga dengan skor ketat 13-11.

Saat Bali nyaris menyelesaikan pertandingan di set keempat, pasangan Jatim melawan sengit dan memaksa kedudukan menjadi imbang 2-2 setelah menang 11-6. Set penentuan menjadi klimaks laga ini, di mana Bali akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 11-6, memastikan medali emas bersejarah untuk kontingen Bali.

“Untungnya, pasangan ganda campuran kita berhasil lepas dari tekanan dan mengalahkan tim Jatim di set penentu. Sehingga, emas berhasil kita raih,” jelas Gede Ardika.

Keberhasilan ini diharapkan menjadi motivasi bagi para atlet tenis meja Bali untuk meraih lebih banyak medali di nomor lainnya. "Harapannya, raihan emas ini menjadi motivasi untuk medali lainnya di nomor berbeda. Semoga ini semangat Kontingen kita mendapatkan lebih banyak lagi," tambah Ardika.

Prestasi tersebut disaksikan langsung oleh Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, Ketua Pelatda Agung Bagus Tri Candra Arka, dan Ketua KONI Buleleng, Ketut Wiratmaja. Ketua KONI Bali mengapresiasi perjuangan atlet yang tak kenal lelah. "Ini sangat luar biasa. KONI Bali mengapresiasi atas perjuangan mereka," kata Oka Darmawan. 

Dengan medali emas ini, Bali kini menambah catatan berharga dalam PON XXI/2024, dan berharap lebih banyak prestasi serupa di ajang-ajang lainnya. *dar

Komentar