nusabali

Rumah Sepi, Kamar Terbakar

  • www.nusabali.com-rumah-sepi-kamar-terbakar

GIANYAR, NusaBali - Kebakaran terjadi di Gang Palak, Banjar Dentiyis, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Senin (16/9) siang. Kebakaran menghanguskan kamar di lantai II. Musibah di rumah I Made Wandiana, 45, terjadi saat rumah dalam keadaan sepi. Sebelum kejadian, kawasan Gianyar dan sekitarnya diguyur hujan lebat. Kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepulan asap pertama kali dilihat oleh Jro Mangku Santi yang kebetulan melintas di depan TKP sekitar pukul 11.26 Wita. “Terlihat di kamar lantai dua mengeluarkan asap. Dalam hitungan detik, api sudah berkobar sehingga saya panik,” ungkap Jro Mangku Santi. Dengan tangan gemetar, dia berkabar di grup WhatsApp PKK banjar. Jro Mangku juga berteriak kebakaran sehingga tetangga berhamburan keluar membantu evakuasi. Warga juga membunyikan kulkul bulus pertanda bahaya. “Saya teriak kebakaran, kebakaran, kebakaran,” ungkapnya. 

Warga berjibaku membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun tidak berhasil karena sumber api berada di lantai II. Di garasi terparkir satu unit mobil Toyota Avanza. Beruntung kunci mobil dalam posisi nyantol sehingga warga dengan cepat mengevakuasi mobil ke tempat aman. “Mobil berhasil dikeluarkan. Ada dua mobil lain di garasi sebelah barat rumah juga dipindahkan,” jelas Jro Mangku Santi. Warga lainnya, Wayan Tawan menghubungi Pemadam Kebakaran Gianyar. 

Sekitar pukul 11.33 Wita, tiga unit armada Damkar tiba di lokasi kejadian. Petugas memadamkan api dari segala arah. “Terbakar satu unit bangunan di lantai dua dengan ukuran 3 meter x 4 meter,” jelas Kabid Damkar Gianyar, Putu Pradana. Penanganan kebakaran sekitar 1 jam 35 menit sampai pendinginan. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Sukawati. Sepengetahuan keluarga korban, sebelum kejadian tidak ada aktivitas mabanten dalam kamar. Rumah juga dalam keadaan sepi. 7 nvi

Komentar