nusabali

Muslim Kepaon Semarakkan Maulid Nabi di Tengah Hujan

Polresta Denpasar Gelar Gerak Jalan dan Beri Santunan

  • www.nusabali.com-muslim-kepaon-semarakkan-maulid-nabi-di-tengah-hujan

DENPASAR, NusaBali - Umat Muslim di kawasan Kampung Islam Kepaon, Denpasar Selatan, menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di tengah hujan lebat yang mengguyur Kota Denpasar, Senin (16/9).

Ketua Umum Yayasan Masjid Al-Muhajirin Kampung Islam Kepaon Fathurrahim, mengatakan masyarakat tetap semangat mengikuti rangkaian meskipun sejak Minggu (15/9) malam hujan tak henti-hentinya turun.

Di tengah sisa hujan kemarin pagi, masyarakat, terutama anak muda melakukan Pawai Ta’ruf, masyarakat Kampung Islam Kepaon juga menyiapkan sejumlah bale suji yang berisi total mencapai 6.000 butir telur dengan hiasan bunga indah berwarna-warni.

“Simbol telur maknanya seperti apapun telur itu diracik, dibungkus sedemikian rupa, itu tidak mengubah esensinya, dia tetap telur, demikian juga manusia apapun keadaan kita, jabatan, kedudukan tetap manusia,” ujarnya.

Selain mengelilingi kampung sekitar 1 kilometer di tengah hujan, masyarakat dihibur dengan pertunjukan Tari Rodat, tarian khas Muslim Kepaon yang tidak pernah absen dalam setiap upacara keagamaan, bahkan ditarikan dalam sejumlah kegiatan puri di Bali.

Tarian yang berdurasi 20-30 menit tersebut irama dan gerakannya menggambarkan kebersamaan dan kekompakan, menjadi pemantik agar masyarakat selalu kompak dalam meneladani hal-hal positif.

“Tarian khas sudah ada sejak sebelum tahun Hijriah, sebagai tolak ukur berdirinya Kampung Islam Kepaon, ini dilestarikan sampai saat ini,” kata Fathurrahim.

Setelah pementasan Tari Rodat dan pawai bale suji, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilanjutkan dengan khitanan massal, setidaknya 20 anak sudah terdaftar.

Sementara itu, Polresta Denpasar menggelar acara family gathering dan gerak jalan santai di depan Musholla Baitul Amanah Polresta, Padangsambian, Denpasar Barat, Minggu (15/9). Diikuti oleh ratusan peserta, yang terdiri dari anggota Muslim Polresta Denpasar, warga asrama Polresta Denpasar, serta jamaah Pengajian Al Ikhlas Polresta Denpasar. 

Acara ini dimulai dengan gerak jalan santai yang menempuh rute dari Polresta Denpasar melewati beberapa jalan utama, seperti Jalan Gunung Sanghyang, Jalan Kebo Iwa Utara, Jalan Alam Sari, Jalan Tunjung Sari, dan berakhir kembali di Polresta Denpasar. 

Polresta Denpasar menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu serangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (15/9). –IST 

Menurut Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antaranggota Polresta dengan masyarakat sekitar, sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial kepada mereka yang membutuhkan. 

Selain gerak jalan, acara ini juga diwarnai dengan kegiatan sosial berupa pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu. Selain itu, Kapolsek Denpasar Selatan menyerahkan santunan kepada Yayasan Yatim Piatu Al Hikmah Tegal, sementara Kasat Polair memberikan santunan kepada Yayasan Yatim Piatu SPPMA yang berlokasi di Jalan Pura Demak, Denpasar. 7 cr79, ant

Komentar