nusabali

KPU Buleleng Mulai Kosongkan Gudang

  • www.nusabali.com-kpu-buleleng-mulai-kosongkan-gudang

SINGARAJA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng mulai bersiap untuk mengelola logistik Pilkada Buleleng. Gudang yang berlokasi di wilayah Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, mulai dikosongkan.

Sejumlah kotak suara dan surat suara dirapikan dan disisihkan ke gudang bagian belakang. Sedangkan gudang sisi depan dikosongkan untuk menyimpan logistik Pilkada 2024.
 
Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana dihubungi Senin (16/9) kemarin mengatakan, pengosongan gudang logistik masih berproses, karena kota suara jumlahnya cukup banyak. Proses pengosongan dimulai Minggu (15/9) lalu.
 
“Kami tidak ada target, ini sambil jalan saja. Lebih pada pemaksimalan ruangan dan pengelolaan gudang,” terang Dudhi.
 
Seluruh logistik Pemilu yang masih tersimpan di gudang, dirapikan. Surat suara yang sudah terpakai saat Pemilu 2024, dimasukkan kembali ke dalam kantong. Sedangkan kotak suara dilipat kembali untuk meminimalisir penggunaan ruang. Lalu setelah dirapikan logistik Pemilu itu disimpan di gudang sisi belakang.
 
“Tidak dimusnahkan, masih kami simpan di sisi belakang gudang. Karena belum ada izin dan instruksi pemusnahan,” imbuh dia.
 
Sementara itu untuk kesiapan logistik Pilkada Buleleng disebut Dudhi jauh lebih sedikit dari logistik Pemilu lalu. Selain jenis surat suara berkurang dari 5 jenis di Pemilu menjadi 2 jenis di Pilkada 2024. Yakni surat suara untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan surat suara untuk Pemilihan Calon Bupati-Wakil Bupati.
 
Selain itu jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Buleleng juga berkurang hampir separo. Jika saat Pemilu di Buleleng ada 2.252 TPS, namun saat Pilkada 2024 hanya ada 1.173 TPS.7 k23

Komentar