nusabali

Denpasar Bakal Tambah 4 Mobil Damkar

  • www.nusabali.com-denpasar-bakal-tambah-4-mobil-damkar

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Denpasar berencana menambah 4 mobil pemadam pada anggaran perubahan.

Penambahan tersebut dilakukan untuk memastikan penanganan kebakaran di Kota Denpasar bisa lebih cepat. 

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar I Made Tirana, Selasa (17/9), mengatakan Dinas Damkar saat ini baru memiliki 11 unit mobil pemadam. Pada APBD perubahan ini akan ada penambahan sebanyak 4 unit lagi. Sehingga nantinya total, Dinas Damkar akan memiliki 15 unit mobil damkar. 

Dengan penambahan ini diharapkan bisa lebih maksimal dalam menangani kejadian kebakaran di Denpasar. “Saat ini kami ada 11 armada. Di anggaran perubahan nanti dapat lagi 4 unit, jadinya total akan ada 15 unit,” kata Tirana.

Sementara itu, kejadian kebakaran di Kota Denpasar hingga Agustus 2024 mencapai 192 kejadian. Peristiwa kebakaran ini didominasi kebakaran lahan kosong sebanyak 48 kejadian. Pada urutan kedua adalah kebakaran gudang sebanyak 24 kejadian, kemudian kebakaran toko 23 kejadian, dan disusul kebakaran rumah sebanyak 21 kejadian.

Selain itu, kejadian kebakaran palinggih di Denpasar juga cukup tinggi mencapai 10 kejadian. Sementara sisanya ada kebakaran disebabkan oleh tabung gas, kebakaran sampah, listrik, kebakaran pohon hingga kebakaran kendaraan.

Selain itu, dilihat dari bulan kejadian, kebakaran tertinggi terjadi pada Juli sebanyak 51 kasus, kemudian posisi kedua terjadi pada Agustus sebanyak 41 kasus. Made Tirana mengatakan, tingginya angka kebakaran pada bulan tersebut dikarenakan adanya cuaca ekstrem.

Dari sejumlah musibah kebakaran yang terjadi di Kota Denpasar, ada kasus di mana unit mobil pemadam kebakaran sulit menjangkau lokasi. Itu dikarenakan lebar badan jalan tempat kebakaran sempit dan sulit dilalui mobil damkar. 

Untuk itu timnya harus membentangkan selang yang cukup panjang agar dapat menyemprotkan air. "Kendala yang berat belum ada, kendala yang ringan-ringan seperti jalannya menuju lokasi kecil-kecil itu kami atasi dengan menggelar selang,” kata Tirana.

Kota Denpasar sementara ini memiliki 11 unit mobil damkar yang sebagian besar memiliki kapasitas sekitar 6.000 liter. Selain menangani kebakaran, Damkar Denpasar juga melakukan beberapa penyelamatan dan penanganan reptil masuk ke pemukiman warga.

Dimana sepanjang Januari–Agustus 2024, Dinas Damkar menangani sebanyak 427 kejadian ular masuk pemukiman. Selain itu, ada juga penyelamatan terhadap hewan peliharaan seperti anjing, kucing, bahkan ada kejadian sapi masuk sumur. “Kami juga menangani 74 biawak, 68 sarang tawon, juga pemotongan cincin sebanyak 45 kali,” tandas Tirana. 7 mis

Komentar