nusabali

Menang KO, Jekri Riwu ke Final PON

Dua Petinju Putri juga Lolos Semifinal PON Aceh dan Sumut

  • www.nusabali.com-menang-ko-jekri-riwu-ke-final-pon

Pada laga final nanti, Jekri Riwu akan menantang peraih emas PON Papua 2021 silam.

MEDAN, NusaBali
Petinju Bali, Jekri Riwu melaju ke babak final pada cabang olahraga tinju di PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara. Masuknya petinju andalan Bali ini setelah menundukkan petinju asal Riau dengan KO pada semifinal yang digelar di Aula Universitas HKBP Nomensen, Pematangsiantar, Sumatera Utara pada Selasa (17/9). Pada laga final nanti, Jekri akan menantang peraih emas PON Papua 2021 silam.

Pelatih Tinju Bali Kornelis Kwangu Langu menerangkan, Jekri Riwu yang turun pada kelas 63,5 Kg berhasil melaju ke final setelah mengalahkan petinju asal Riau, Iman Josua Simorangkir dengan KO pada ronde dua di semifinal yang berlangsung pada Selasa sore. Atas kemenangan itu, sejauh ini baru Jekri Riwu yang menjadi satu-satunya atlet tinju Bali ke final PON. "Jakri masuk final lawan Sulawesi Utara (Sulut). Untuk partai final itu digelar lusa (besok,red)," ungkapnya, Selasa sore.

Pada laga final nanti, Jekri Riwu akan berhadapan dengan petinju asal Sulawesi Utara, Farrand Papendang. Kornelis memiliki catatan khusus terhadap Farrand Papendang yang merupakan petinju terberat yang ada pada kelas 63,5 Kg itu. Karena, diketahui pernah meraih medali emas pada PON Papua 2021 silam. "Keduanya sudah pernah sempat ketemu. Pertama di Kejurnas dan Farrand menang angka. Nah kemudian dia mengikuti pertandingan di Bali, yang menang Jekri Riwu. Sehingga laga final nanti menjadi perhatian saya," ungkapnya lagi.

Saat ini dalam persiapan untuk tampil optimal saat laga nanti, Kornelis berharap, petinju andalan Bali itu bisa meraih emas perdana pada cabor tinju. Hal ini karena kontingen tinju baru mempersembahkan medali perunggu untuk Bali yang diraih oleh Carles Bria pada nomor 48 Kg dan Yulius Bayu pada kelas 60 Kg putra. "Dari 12 atlet yang kita kirimkan, 5 masuk semifinal. Sisanya terhenti dibabak penyisihan," urai Kornelis.

Selain petinju pria, ada dua petinju putri yang juga masuk semifinal. Keduanya adalah Melania Gelu pada kelas 48 Kg dan Sandra Fanoni pada kelas 57 Kg. Melani Gelu akan bertanding melawan Stevani Melaor asal Maluku Utara dan Sandra melawan Ratna Sari Dewi dari DKI Jakarta. Kornelis berharap, kedua atlet bisa memberikan yang terbaik nantinya. "Kita doakan semoga dapat hasil yang terbaik. Baik itu untuk petinju kita yang melaju ke final maupun yang melaju ke semifinal," pungkasnya berharap. 7 dar

Komentar