nusabali

Virgin Australia, Maskapai Pertama Gunakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan dari Pertamina

  • www.nusabali.com-virgin-australia-maskapai-pertama-gunakan-bahan-bakar-ramah-lingkungan-dari-pertamina

MANGUPURA, NusaBali.com - PT Pertamina Patra Niaga memperluas distribusi Sustainable Aviation Fuel (SAF) ke jaringan internasional dengan menggelar penyaluran pertama SAF di Aviation Fuel Terminal (AFT) Ngurah Rai. Pada momen ini, Virgin Australia Airlines menjadi maskapai internasional pertama yang menggunakan SAF Pertamina, ditandai dengan seremoni ‘First International Uplift’ pada Bali International Airshow (BIAS) 2024 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rabu (18/9/

Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya, mengatakan, "Penyaluran SAF di Bandara Ngurah Rai menandai bahwa Indonesia mampu beradaptasi dengan tuntutan energi terbarukan di industri penerbangan internasional. SAF menjadi solusi untuk mengurangi jejak karbon tanpa perubahan pada pesawat, infrastruktur bandara, atau rantai pasokan bahan bakar jet."

Maya menambahkan, SAF yang disalurkan telah mengikuti sertifikasi International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) untuk Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA) dan Renewable Energy Directive-European Union (RED-EU). Bahan bakar ini juga memenuhi standar internasional dari American Society of Testing and Materials (ASTM) dan diakui sebagai Corsia Eligible Fuel (CEF) oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

“SAF Pertamina mengurangi emisi karbon karena merupakan campuran 38,43% synthetic kerosene dari minyak jelantah dan 61,57% avtur fosil,” lanjutnya.

Kolaborasi untuk Net Zero Emission

General Manager Sustainability Virgin Australia, Fiona Walmsley, menyebutkan kerja sama ini adalah langkah penting dalam mencapai target Net Zero Emission di Indonesia dan Australia. “Dengan kolaborasi ini, kedua negara berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dan membangun masa depan sektor aviasi yang lebih berkelanjutan.”

Sebanyak 160 kiloliter SAF disalurkan kepada Pesawat Boeing 737 Virgin Australia selama BIAS untuk penerbangan Denpasar-Brisbane, Melbourne, Sydney, dan Gold Coast.

Kesiapan Layanan AFT Ngurah Rai

Ahad Rahedi, Area Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, menjelaskan bahwa layanan dan pasokan energi dijamin aman selama perhelatan BIAS. "Kami memastikan ketersediaan Avtur melalui AFT Ngurah Rai dengan tiga armada pengisian dan tambahan manpower selama acara berlangsung," jelasnya.

Penyaluran SAF ini merupakan komitmen PT Pertamina Patra Niaga dalam mendorong transisi energi aviasi dan mendukung target Net Zero Emission Indonesia tahun 2060.

Komentar