nusabali

28 Siswa SD dan SMP Terbaik Siap Berlaga di FTBI

  • www.nusabali.com-28-siswa-sd-dan-smp-terbaik-siap-berlaga-di-ftbi

AMLAPURA, NusaBali - 28 siswa dengan 14 nomor tingkat  SD dan 14 nomor tingkat SMP, siap berlaga di Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Bali, 10-11 Oktober, di salah satu hotel di Denpasar. Kasek SMPN 2 Abang I Wayan Sarya pasang target minimal memenangkan tiga nomor lomba, dari 6 nomor lomba diikuti.

"Mesti optimis menang, anak-anak telah berlatih intensif," jelas Kasek SMPN 2 Abang I Wayan Sarya kepada NusaBali di sela-sela pembinaan siswa di SMPN 5 Amlapura, Jalan Cempaka, Amlapura,  Rabu (18/9).

Berlomba di tingkat provinsi, katanya,  mesti ada sasaran, wajib  targetnya menang. Agar tidak ada kesan, hanya mampu juara di tingkat kabupaten. Walaupun lomba di Provinsi Bali  pesaingnya semakin berat melawan utusan terbaik kabupaten/Kota se-Bali. Hal itu jadi tantangan sehingga termotivasi untuk terus berlatih, terus melakukan evaluasi, dan terus melakukan pemantauan, sambil mengintip kekuatan pihak lawan.

SMPN 2 Abang, Karangasem, lolos di 6 nomor, dari 14 nomor putra dan putri saat seleksi di FTBI Karangasem 2024. Keenam nomor lomba itu, bebanyolan (lawak) putra melalui I Komang Pande Juniantara, bebanyolan putri melalui Ni Kadek Heni, juara puisi bahasa Bali melalui I Kadek Merdeka, juara cerpen bahasa Bali I Kadek Arya, juara sekar alit putri Ni Putu Anindya dan I Gede Nando Mesiana, di bagian putra.

Peserta lainnya, I Gede Putra Waisnawa dari SMPN 2 Selat di nomor putra nyurat aksara Bali di daun lontar, Pande Putu Silviari Aulia Chandra dari SMPN 3 Manggis di nomor putri nyurat aksara Bali di daun lontar, I Gusti Ayu Diah Candra Kirana dari SMPN 2 Amlapura di nomor ngeripta lan ngewacen puisi Bali anyar, Ni Kadek Grace Vernita dari SMPN 4 Amlapura di nomor ngeripta cerpen berbahasa Bali, I Gede Wayu Putraya Pasek Panuntun dari SMPN 2 Amlapura nomor pidarta, Ni Kadek Juliantari dari SMPN 4 Amlapura nomor masatua, I Gusti Gede Agung Putra Suyasa dari SMPN 2 Amlapura di nomor masatua, dan I Dewa Ayu Bintang Pradnyani dari SMPN 1 Sidemen di nomor mapidarta.

"Kami juga menargetkan juara di FBI Bali, bahkan optimis menang," jelas Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan.

Sebab, selama ini telah intensif berlatih, terus melakukan evaluasi, agar di puncak lomba bisa tampil optimal. "Secara teknis tidak ada kendala, semoga tidak ada hambatan secara psikologis," harapnya.

Kepala Bidang PTK (Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kurikulum) Disdikpora Karangasem I Gusti Nyoman Parnawa mengatakan, yang ikut FBI Bali 2024, hanya yang keluar sebagai juara di tingkat kabupaten. "Semua peserta telah mengikuti pembinaan, melalui guru pembina masing-masing, juga melakukan pembinaan di sekolah masing-masing," katanya.

Setiap nomor lomba ada tiga guru pembina, misalnya, nomor matembang sekar alit tingkat SD pembinanya, I Nengah Kedep, Ni Made Sumerti dan I Nyoman Nirka.7k16

Komentar